Nih..."Speaker Khusus" di Pernikahan Ibas-Aliya!

Dibaca:
Komentar :
Dok Harry Kiss

Mulai acara siraman, akad nikah, hingga resepsi pernikahan, yang terlihat hanya sejumlah speaker berukuran separuh dus mi instan dengan warna dasar putih dan grill hijau muda ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun itu pernak-perniknya, jika terkait rencana pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa saat ini memang menarik disimak. Salah satunya adalah penggunaaan speaker V8-Aliya dan V8-iBass.

Mungkin, Anda akan terkejut jika hadir dalam rangkaian prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan putri dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa itu. Mulai acara siraman, akad nikah, hingga resepsi pernikahan, Anda akan mendapati sejumlah speaker berukuran separuh dus mi instan dengan warna dasar putih dan grill hijau muda. Nyaris, tak ada boks-boks pengeras suara besar di sudut-sudut ruangan.

Ya, speaker itu bernama V8-Aliya, seri terbaru dari produksi V8Sound.com. Pengeras suara ini ternyata buatan lokal, karya Harry Kiss, yang terkenal dengan ukuran mini ini, namun memiliki kekuatan suara maksimal.

Harry mengaku mendapat kepercayaan langsung dari Presiden SBY untuk menangani seluruh pekerjaan sound system, mulai dari acara siraman pada Selasa (22/11/2011), akad nikah di Istana Cipanas, Kamis (24/11/2011), serta resepsi pernikahan Ibas dan Aliya yang akan berlangsung Sabtu (26/11/2011) pekan depan.

Ia menuturkan, cerita bermula saat rapat panitia pernikahan Ibas-Aliya, di Istana Cipanas, September 2011 lalu. Harry menyampaikan kepada Presiden, bahwa dirinya akan membuatkan speaker khusus untuk pernikahan tersebut.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Ternyata gayung memang bersambut, karena Presiden SBY lantas menanggapi positif usulannya itu.

"Bagus, bagus. Silakan, coba Anda buat," tutur Harry menirukan ucapan Presiden kala itu.

Harry pun mulai bekerja. Ia mendesain dan memproduksi speaker tersebut di pabriknya di Surabaya.

Untuk kebutuhan tersebut, ia secara khusus mendatangkan kayu dari Rusia. Agar mendapatkan kualitas terbaik, kayu asal Rusia ini ditebang saat suhu udara minus 40 derajat, lalu dibuat plywood untuk boks speaker. Boks lalu dicat putih mengkilat seperti warna piano dan tahan gores.

"Setelah prototype-nya jadi dan diuji coba, saya bersyukur karena hasilnya sangat baik dari segi kualitas audio maupun bentuknya. Selain menghasilkan suara sekelas speaker high end, speaker ini juga ternyata juga tahan hujan," kata Harry kepada KOMPAS.com, Sabtu (19/11/2011).

"Dan, cocok dengan namanya, Aliya, yang dalam bahasa Arab artinya adalah 'tinggi', sehingga saat kualitas output mendekati speaker kelas tinggi (high end speaker). Terus terang, saya hanya bisa bersyukur kepada Allah SWT," ucapnya.

Cantik dan jernih

Speaker kecil ini pun kemudian diberinya nama V8-Aliya. Tampilannya cantik dengan warna dasar putih dan grill hijau muda, yang tak lain warna kesukaan Aliya.

"Yang mencengangkan adalah respon frekuensinya. Speaker seberat 5,5 kg ini mampu mereproduksi frekuensi dari 35 hz sampai 20 Khz, sehingga secara teknis kita tak perlu lagi menggunakan subwoofer," jelasnya.

Namun, untuk menambah tebal suara bass (subwoofer), lanjut Harry, ia juga merancang speaker khusus lainnya, yakni speaker V8-iBass.

"Maka, saya kawinkan antara dua speaker ini, yaitu V8-iBass dan V8-Aliya," kelakar Harry.

Sepintas saja melihat bentuknya, speaker ini dilihat dari sisi manapun memang tampak cantik. Apalagi suaranya, jernih.

Harry mengaku bersyukur, speaker besutannya itu, V8-Aliya dan iBass, akan digunakan di seluruh rangkaian acara akad nikah, mulai dari panggung utama, pelaminan, media centre, ruang akad nikah di Paviliun Yudistira, hingga di seluruh kawasan Istana Cipanas.

Selain itu, dua jenis speaker yang memang dibuat Harry secara khusus untuk pernikahan Ibas dan Aliya ini juga akan digunakan untuk acara keluarga di kediaman keluarga SBY di Cikeas dan kediaman keluarga Hatta Rajasa di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan. Dan, tentu saja, lanjut Harry, ia mengaku semakin bangga karena produk lokalnya ini juga akan "hadir" di acara resepsi pernikahan Ibas-Aliya di Balai Sidang Senayan, Jakarta, Sabtu, pekan depan.

Editor: Latief

 

TERBARU
Internet
Rabu, 23 Juli 2014 16.39 WIB
Menkominfo Sudah Teken Peraturan Blokir Konten
Software
Rabu, 23 Juli 2014 16.18 WIB
Dari Bali, Kendalikan Dua Astronot
Gadget
Rabu, 23 Juli 2014 15.38 WIB
Logo Apel iPhone 6 Bisa Menyala?
Internet
Gadget
TERPOPULER
Selasa, 22 Juli 2014 13.24 WIB
Ini Akun Instagram Si Cantik Sabina Altynbekova
Senin, 21 Juli 2014 15.09 WIB
Waspada, Berita Pilpres Bohong dari Situs Ini
Jumat, 18 Juli 2014 10.58 WIB
Selamat Tinggal Android Nokia X
Jumat, 18 Juli 2014 09.05 WIB
Crowdsourcing, Jurus Jitu Awasi Pemilu
Senin, 21 Juli 2014 11.40 WIB
Menjajal Jam Tangan Android Wear di Jakarta