Pilih Teman Duduk di Pesawat Berdasarkan Akun Facebook - Kompas.com

Pilih Teman Duduk di Pesawat Berdasarkan Akun Facebook

Kompas.com - 20/12/2011, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Belanda, KLM Royal Dutch Airline menyediakan sebuah layanan unik yang diberi nama "Meet & Seat". Penumpang maskapai ini diberi kesempatan untuk memilih teman duduk berdasarkan profil akun jejaring sosialnya, misalnya Facebook.

Layanan ini untuk memberikan kenyamanan pada penumpang saat berada di kabin pesawat. Seperti dikutip dari Wired, pemilihan tempat duduk ini dilakukan pada saat check in di bandara.

Calon penumpang bisa memilih tempat duduk yang diinginkan sekaligus bisa memilih siapa saja teman duduknya nanti di pesawat berdasarkan akun Facebook-nya. Dari akun ini, penumpang bisa memilih berdasarkan foto, hobi, atau bidang kerja yang dianggap sesuai dengannya.

Selama ini, penumpang pesawat mendapatkan nomor kursi secara acak yang dipilih oleh pihak maskapai saat pemesanan tiket. Layanan ini banyak dikeluhkan karena tidak semua penumpangnya suka dengan teman duduknya.

Dengan layanan baru ini, calon penumpang setidaknya bisa mengetahui terlebih dahulu siapa yang akan menjadi teman duduknya nanti.

Pengembangan layanan pemesanan tempat duduk berdasarkan profil Facebook ini adalah hasil riset dari KLM dengan International Business Times. Dalam sebuah polling yang dilakukan, 45 persen responden menyebutkan mereka melakukan pendekatan ke teman duduknya dan sepertiganya membuat janji bertemu kembali setelah pertemuan di pesawat. Dan 8 persen menyatakan pertemuan di pesawat menjadi awal sebuah hubungan yang serius di masa depan.

Namun harap bersabar, layanan ini baru bisa dinikmati mulai tahun depan.

EditorReza Wahyudi
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM