Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Apps, Remaja 16 Tahun Raih Investasi Rp 2,2 Miliar

Kompas.com - 03/01/2012, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Seorang remaja Inggris berusia 16 tahun, Nick D'Aloisio, meraih investasi 250 ribu dollar AS atau setara Rp 2,27 miliar.  

Investasi itu didapatkannya dari Li Ka-Shing, salah satu orang terkaya di dunia yang berasal dari China. Li Ka-Shing melakukan investasi itu melalui Horizons Ventures.

Apa aplikasi yang membuat Nick D'Aloisio dipercaya mengelola dana sebesar itu? Investasi ini untuk aplikasi yang dibuatnya bernama Summly.

Summly pada dasarnya adalah sebuah aplikasi yang meringkas konten web. Melalui sistem "kecerdasan buatan", Summly mampu meringkas konten web agar calon pengunjung tahu informasi apa yang akan didapatkannya sebelum mengunjungi halaman tertentu.

Saat ini aplikasi Summly tersedia untuk iOS di Apple App Store. Namun Nick berencana untuk mengembangkannya ke platform Android juga.

Summly tersedia untuk beberapa bahasa. Utamanya, Summly dioptimalkan untuk meringkas halaman web berbahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Italia, Spanyol, Finlandia dan Swedia.

Awal Mulanya

Kisahnya bermula saat Nick mencari informasi di situs mesin pencari atau melalui link di Twitter. Menurutnya, informasi yang dimunculkan terlalu banyak dan pengguna tak selalu tahu apa yang akan didapatkannya.

"Mungkin Google telah memiliki fitur Instan Preview, tapi itu hanya gambar dari halaman. Padahal yang saya inginkan adalah mengetahui apa konten yang akan saya dapatkan," kata Nick.

Sebelum membuat Summly, ia pernah membuat layanan dengan algoritma serupa bernama Trimit. Bedanya, Trimit meringkas apa yang ingin dikatakan pengguna agar cukup untuk di-post ke Twitter atau social media lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com