Alcatel-Lucent Perkenalkan lightRadio Wi-Fi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alcatel-Lucent Indonesia memperkenalkan lightRadio Wi-Fi di Jakarta, Senin (20/2/2012). Alat ini mampu menghubungkan sebuah perangkat ke jaringan wireless terbaik yang ada di sekitarnya.

Menurut Rama Agung, Customer Solutions & Sales Support Director Alcatel-Lucent Indonesia, lightRadio Wi-Fi memberi pilihan baru kepada para penyedia layanan seluler (operator telekomunikasi) untuk memenuhi permintaan broadband yang terus meningkat dari konsumen.

"Alat ini memungkinkan penggunanya untuk berpindah jaringan secara otomatis dari 2G, 3G, atau 4G, menjadi jaringan Wi-Fi tanpa harus melakukan log-in atau memasukkan username dan password," kata Rama.

Ia menambahkan, perpindahan jaringan tersebut akan direkomendasi oleh alat lightRadio Wi-Fi yang disesuaikan dengan lokasi dan performa jaringan. Nantinya, akan ada notifikasi yang menawarkan perpindahan jaringan pada perangkat yang digunakan pengguna, baik itu smartphone, tablet maupun laptop.

Friyandi Ramada, Network Architect Alcatel-Lucent Indonesia, menjelaskan, arsitektur lightRadio Wi-Fi dapat ditempatkan di mana saja, karena ukurannya yang kecil.

LightRadio Wi-Fi terdiri dari Service Router 7750, software Automatic Network Discovery, and Selection Function (ANDSF) yang telah ditambahkan ke policy manager Alcatel-Lucent yakni Dynamic Services Controller 5780, serta alat Femtocell atau Metrocell.

Friyandi menambahkan, Femtocell merupakan base station personal untuk meningkatkan coverage dan kapasitas di perumahan dan perkantoran.

Sedangkan Metrocell, memberikan coverage dan kapasitas jaringan tambahan di tempat-tempat dengan lalu lintas jaringan super sibuk, seperti pusat kota, pusat perbelanjaan maupun bandara. 

Editor: Reza Wahyudi

 

TERBARU
Internet
Rabu, 6 Mei 2015 20.05 WIB
Tidak Ada yang Gratis dari Internet.org
Software
Rabu, 6 Mei 2015 18.19 WIB
Iklan Google Kini Fokus "Menggoda" Jari
e-Business
Rabu, 6 Mei 2015 16.46 WIB
Lenovo: Industri PC Tidak Akan Mati
Software
TERPOPULER
Jumat, 1 Mei 2015 14.15 WIB
Begini Cara Google Manjakan Karyawannya
Kamis, 30 April 2015 15.35 WIB
Mengapa Google Plus Tidak Diminati?
Minggu, 3 Mei 2015 13.56 WIB
Suami Bos Facebook Meninggal Mendadak