"Sabun Ponsel", Bisa Bersihkan Ponsel Sambil "Nge-Charge"

KOMPAS.com — PhoneSoap merupakan sebuah perangkat yang diklaim mampu membersihkan ponsel dari bakteri yang ada di sekitar body ponsel. Perangkat ini sekaligus mampu digunakan untuk mengisi baterai ponsel.

Seperti dikutip dari Mashable, PhoneSoap membersihkan ponsel dari bakteri melalui cahaya UV-C. UV-C adalah jenis sinar ultraviolet yang digunakan di rumah sakit.

Sinar UV-C diklaim mampu menembus dinding sel bakteri, merusak kode genetik (deoxyribonucleic acid/DNA), dan efektif membunuh bakteri tersebut.

Ponsel saat ini telah jadi perangkat wajib yang hampir selalu digenggam dalam aktvitas sehari-hari. Akibatnya, ponsel memiliki bakteri sangat banyak di permukaannya. 

PhoneSoap bekerja dengan cara meletakkan ponsel dalam kotak PhoneSoap. Di dalam kotak, akan ada sinar UV-C yang akan menyala dari bagian atas hingga bagian bawah.

Sinar UV-C ini akan menyala selama 3-5 menit sehingga ponsel tidak akan rusak meski terkena sinar tersebut.

Sambil ponsel dibersihkan, pengguna juga bisa mengisi baterai. Caranya, pengguna bisa langsung menyambungkan ke konektor Apple atau kabel MicroUSB yang tersedia.

Jadi, ketika alarm berbunyi di pagi hari, ponsel bukan hanya terisi penuh, melainkan juga bisa bersih dari bakteri.

PhoneSoap ini merupakan proyek dari situs crowd funding (proyek patungan) Kickstarter. Proyek ini memerlukan dana 18.000 dollar AS. Kini baru terkumpul sekitar 13.000 dollar AS.

Proyek ini akan direalisasikan bila dana yang terkumpul dalam 20 hari tercapai. Apakah Anda tertarik membantu untuk mewujudkannya? Lihat halamannya di situs Kickstarter.

 

TERBARU
e-Business
e-Business
Jumat, 3 Juli 2015 16.37 WIB
16 Merek Ponsel Sudah Penuhi TKDN 20 Persen
e-Business
Gadget
Jumat, 3 Juli 2015 15.37 WIB
Menjajal 4 Game Populer di Asus Zenfone 2
e-Business
Jumat, 3 Juli 2015 15.03 WIB
Komponen Lokal Ponsel 4G Tak Cuma Hardware