Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Siap Akuisisi Perusahaan "Smartphone"

Kompas.com - 04/09/2012, 09:57 WIB

lenovo Ponsel Lenovo LePhone K800

 

KOMPAS.com - Perusahaan komputer Lenovo menyatakan niatnya untuk serius berbisnis di kancah smartphone. Untuk meraih sukses itu, Lenovo sedang mempertimbangkan untuk melakukan akuisisi.

"Kami sepenuhnya akan memanfaatkan alat ini (akuisisi-red) jika targetnya konsisten dengan strategi kami, " kata CEO Lenovo Yang Yuanqing kepada Bloomberg, Senin (3/9/2012). "Jika bisnis itu konsisten dengan strategi kami, dan jika kami lemah di bisnis itu, kami akan mempertimbangkan akuisisi."

Selain akuisisi, Lenovo akan membuat strategi bisnis yang sangat berbeda dari perusahaan kompetitor, seperti Apple yang hanya mengandalkan iPhone.

Perusahaan asal China ini akan membanjiri pasar dengan beragam pilihan. Lenovo bakal meluncurkan 40 model smartphone baru dalam waktu 12 bulan, dan telah dimulai sejak April 2012.

"Kami akan memiliki beberapa model untuk menutupi kesenjangan harga yang berbeda. Kami akan memiliki portofolio, produk yang jauh lebih luas. Siklus pengembangan kami akan jauh lebih cepat daripada pesaing kami."

Unit bisnis smartphone Lenovo sampai saat ini sebenarnya masih merugi. Namun, Yuanqing optimis bisnis smartphone akan membawa untung dalam waktu 6 bulan ke depan.

"Bisnis perangkat mobile seperti tablet dan smartphone, sangat penting untuk prospek panjang, mengingat menurunnya permintaan PC global," kata Vincent Chen, seorang analis dari Yuanta Securities Co di Taipei, Taiwan.

Meski demikian, laba kuartal pertama Lenovo di tahun ini naik 30% menjadi 141.400.000 dollar AS. Jumlah ini melampaui perkiraan para analis.

Berkaca dari sukses di China, yang berhasil menyalip Apple

Lenovo mulai berjualan ponsel di China sejak 2 setengah tahun lalu. Pada kuartal pertama tahun ini, Lenovo masih menduduki posisi 7 untuk pangsa pasar di China.

Hingga pada kuartal dua, Lenovo mengklaim telah menempati peringkat dua untuk penjualan smartphone di China. Ini berarti, Lenovo berhasil menyalip Apple. China sangatlah penting bagi kedua perusahaan, karena negara ini merupakan pasar perangkat mobile terbesar di dunia.

Setelah sukses di China, Lenovo akan berjualan smartphone di Indonesia, Filipina dan India. Yuanqing berpendapat, bisnis smartphone akan sangat menguntungkan di "beberapa tempat."

Sukses berkat akusisi

Analis Geng Yang dari BOCI Research berkomentar, akuisisi adalah "strategi kunci" Lenovo untuk sukses di bisnis smartphone. Target perusahaan yang akan diakuisisi, menurutnya, bisa jadi berasal dari Eropa, Amerika Utara atau bahkan perusahaan Jepang.

Akuisisi, memang jadi andalan Lenovo untuk menggeluti sebuah unit bisnis dan meraih untung. Setelah mengakuisisi unit bisnis komputer pribadi (PC) Intenational Business Machines (IBM) pada 2005, Lenovo sukses meningkatkan bisnis PC dan laptop.

Aksi korporat selanjutnya yang mengakuisisi Medion AG, kemudian Essen (pembuat PC asal Jerman), dan unit bisnis PC NEC asal Tokyo, berhasil meningkatkan penjualan PC dan laptop Lenovo. Penjualan tahun lalu yang berakhir pada 31 Maret 2012, meningkat 37% menjadi 29,6 miliar dollar AS.

Data lembaga riset Gartner pada Juli mencatat, Lenovo berada di peringkat dua dalam pangsa pasar komputer global dengan raihan 14,7%. Sementara posisi pertama masih ditempat Hewlett-Packard sebesar 14,9%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com