Kualitas "Freelancer" Indonesia Dipuji - Kompas.com

Kualitas "Freelancer" Indonesia Dipuji

Kompas.com - 05/10/2012, 16:55 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Willix Halim, Vice President of Growth, Freelancer.com menjadi salah satu  pembicara untuk Sparxup 2012 Conference. Salah satu poin yang banyak dibahas oleh Halim adalah betapa tingginya kualitas freelancer asal Indonesia.

Salah satu kualitas tinggi yang dihasilkan oleh freelancer asal Indonesia dapat dilihat dari logo perusahaan Freelancer.com itu sendiri. Ternyata, menurut Halim, logo tersebut dibuat oleh seorang freelancer bernama Edward Sutrisno yang berdomisili di Semarang. Untuk hasil karyanya ini, Ia berhak mendapatkan uang tunai sebesar 15.000 dollar AS dari Freelancer.com.

Halim juga membahas salah satu pengguna Freelancer.com asal Bandung yang memiliki username First Dandy. Pengguna Freelancer.com yang satu ini cukup dikenal di situs yang menawarkan tenaga kerja lepas tersebut. Oleh karena reputasi tinggi yang dimilikinya, First Dandy bisa mendapatkan pendapatan lebih dari 100 ribu dollar AS hanya dalam satu bulan.

"Kebanyakan freelancer asal Indonesia bergelut di bidang programming, designing, dan Writing," ujar Halim.

Sayangnya, nilai dari sebuah pekerjaan di Indonesia masih belum terlalu tinggi, jika dibandingkan dengan negara-negara luar, seperti Australia.

"Ada sebuah pekerjaan di Australia yang bernilai 2000 dollar. Ternyata, dengan kualitas hasil pekerjaan yang sama, orang Indonesia hanya dibayar 200 dollar untuk pekerjaan tersebut," ujar Halim.

Dalam konferensi ini, Halim sedikit berkomentar mengenai pengguna Facebook asal Indonesia.

"Jangan hanya pergi ke Facebook, carilah uang secara online," kata Halim.

Pernyataan tersebut dibuat berdasarkan fakta yang memperlihatkan begitu banyaknya pengguna Facebook asal Indonesia. Mayoritas pengguna Internet di Indonesia menggunakan situs jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut.

Ada 55 juta pengguna Internet di Indonesia. Dari angka tersebut 43 juta pengguna sudah terhubung ke Facebook.

Terdapat 4,3 juta pengguna Freelancer.com di dunia. Di Indonesia sendiri, hanya 63 ribu orang yang memanfaatkan Freelancer.com.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorWicaksono Surya Hidayat
    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM