Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim.co.id Sediakan Layanan Kurir Pribadi

Kompas.com - 23/11/2012, 09:32 WIB

del/KOMPAS.com Para petinggi KIRIM dan partner pada saat peluncuran situs Kirim.co.id, Kamis (22/11/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com — Kirim.co.id, yang baru resmi diluncurkan pada Kamis (22/11/2012), memiliki layanan yang cukup unik. Perusahaan ini mengklaim kalau mereka dapat memenuhi kebutuhan personal dari para penggunanya.

Kirim seperti menyediakan kurir pribadi bagi para penggunanya. Layanan-layanan yang tidak mungkin ada di perusahaan kurir yang ada saat ini mampu dihadirkan oleh Kirim.

Contohnya, layanan seperti mengambilkan dompet atau ponsel yang tertinggal di rumah. Pengguna dapat meminta Kirim untuk mengirimkan kurirnya ke rumah dan mengirimkan dompet atau ponsel tersebut ke tempat yang ditentukan.

Tidak hanya masalah mengirimkan dompet, "kurir pribadi" tersebut juga dapat diminta untuk berbelanja bulanan, mengantre tiket, hingga melakukan delivery makanan.

"Semua layanan ini tersedia 24/7. Dengan layanan seperti ini, pengguna sudah tidak perlu keluar dari rumah lagi", kata Intan Saraswati, CEO sekaligus Founder dari Kirim.

Untuk kegiatan berbelanja pun pengguna tidak harus menitipkan uang terlebih dahulu kepada si kurir.

Kirim akan meminjamkan terlebih dahulu yang kemudian dapat dibayarkan pada saat si kurir mengirimkan produk tersebut ke tempat tujuan, tentu ditambah dengan biaya antar. Besar maksimal uang yang dapat dipinjamkan adalah Rp 6 juta.

Kirim juga menghadirkan fitur informasi status pengiriman secara realtime. Kirim memiliki sistem untuk melacak lokasi barang yang dihubungkan dengan setiap armada Kirim yang sudah dilengkapi alat komunikasi dan GPS. Sayangnya, fitur ini baru bisa diakses melalui situs Kirim.

Cara pembayaran yang disediakan oleh Kirim mencakup tunai, kartu kredit, hingga kartu debit. Layanan Kirim ini baru tersedia di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang dengan jumlah kurir 25 orang.

Jenis layanan yang disediakan beragam, ada yang disebut Kirim Langsung, Kirim Hari Ini, Kirim Besok, Kirim Lusa, dan Kirim Hemat. Masalah tertinggalnya dompet tadi, misalnya, itu dikategorikan sebagai layanan Kirim Langsung.

"Biasanya kurir yang mengambil dan mengirim barang hanya satu orang. Prosesnya pun cepat. Hanya dalam hitungan satu dua jam, barang tersebut pasti sampai ke lokasi," ujar Intan.

Biaya untuk Kirim Langsung untuk wilayah Jakarta adalah Rp 40.000, sedangkan untuk wilayah DeTaBek dikenakan biaya sebesar Rp 100.000.

Adapun Kirim sebenarnya sudah resmi beroperasi pada September 2012 lalu. Namun, peluncuran resminya baru pada Kamis (22/11/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com