Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Dikatakan Sudah Mulai Tertinggal

Kompas.com - 11/02/2013, 08:04 WIB

Associateed Press Steve Wozniak, tampak sedang memegang iPhone versi warna putih dan hitam. Wozniak turut andil mendirikan Apple bersama Steve Jobs.


KOMPAS.com - Mempertahankan kejayaan konon lebih sulit daripada mencapainya. Itulah yang dikhawatirkan Steve Wozniak, yang bersama sobatnya, Steve Jobs, mendirikan Apple pada dekade 70-an.

Alasannya, Wozniak merasa Apple mulai tertinggal dari para kompetitornya dalam hal fitur yang ditanamkan di smartphone.  "Saat ini menurut saya (Apple) agak ketinggalan," ujarnya, seperti dikutip Cnet dari Apple Insider.

Dia menambahkan bahwa para pesaing Apple sudah bisa mengejar perusahaan ini soal kualitas produk. "Samsung adalah contoh pesaing yang hebat, karena mereka saat ini bisa menelurkan produk-produk bagus."

Pria yang akrab dipanggil Woz ini sedikit "membantah" kata-katanya sendiri ketika mengemukakan alasannya membeli tiap gadget Apple.

"Saya tak akan berdiri di antrian kalau Apple membuat produk-produk yang tidak bagus," katanya.

Woz tidak menjelaskan, apa persisnya yang menurut dia merupakan fitur bagus dari smartphone pesaing Apple, Galaxy S III misalnya.

Mungkin seperti sebagian pengguna lainnya, Woz ingin melihat terobosan baru dari Apple yang belakangan tak banyak membuahkan inovasi luar biasa seperti dulu.

"Saya bangga bahwa Apple memiliki banyak fans loyal. Tapi loyalitas bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan begitu saja. Kebutuhan akan produk-produk terbaik tetap ada," ujar Woz.

Sebelum ini, Woz pernah menyatakan kekecewaan terhadap Apple yang dinilainya bersikap arogan dengan memaksakan desain produk pada konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com