Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Siluman Iran Hasil Rekayasa Photoshop?

Kompas.com - 21/02/2013, 08:50 WIB

Khouz News


KOMPAS.com — Memiliki jet tempur "siluman" yang tak terdeteksi radar merupakan kebanggaan bagi sebuah negara, tak terkecuali Iran yang beberapa waktu lalu merilis foto Stealth Fighter Qaher-313.

Dalam foto yang dipublikasikan oleh situs Khouz News tersebut, pesawat buatan dalam negeri Iran ini tampak sedang mengangkasa di atas pegunungan bersalju. Sekilas, tampak tak ada yang salah dengan gambar itu.

Namun, sebuah analisis oleh blogger Iran mengungkapkan hal sebaliknya: besar kemungkinan foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

PetaPixel.com

Pasalnya, seperti yang dilansir oleh PetaPixel, jet tempur Qaher-313 dalam foto tampak sangat mirip dengan sebuah foto sebelumnya yang menampilkan pesawat yang sama saat acara perkenalan di Teheran, 2 Februari lalu.

Sudut pengambilan gambar, pantulan cahaya, bahkan bayangan-bayangan pesawat di antara kedua foto tampak identik.

PetaPixel.com

Soal Gunung Damavand yang dijadikan latar belakang, gambar tersebut disinyalir telah diambil dari situs penyedia foto PickyWallpapers.com.

Para pejabat Iran sendiri menyangkal tuduhan rekayasa foto tersebut, dan mengatakan bahwa semua keraguan atas terbangnya Qaher-313 di angkasa Iran sebagai "propaganda musuh".

Sebelum ini, Iran juga pernah memublikasikan sejumlah foto yang keasliannya diragukan, seperti ketika negara tersebut mengklaim berhasil mengirim monyet ke angkasa dan menciptakan pesawat tanpa awak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com