Dicari, Startup Digital untuk Masuk Indigo Incubator - Kompas.com

Dicari, Startup Digital untuk Masuk Indigo Incubator

Kompas.com - 11/04/2013, 08:26 WIB

Indigo Incubator

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi Telkom sedang mencari perusahaan rintisan (startup) digital kreatif untuk masuk dalam program pembimbingan dan pengembangan bisnis Indigo Incubator 2013.

Hasil dari Indigo Incubator 2013 ini diharapkan dapat terbentuk sejumlah startup dengan karya kreatif yang teruji di pasar, baik dari sisi produk maupun bisnis. Startup tersebut akan mendapat dukungan fasilitas digital, server, sampai pendanaan dan bimbingan bisnis dari mentor terpilih.

Senior Manager Research of Business Telkom, Bilpen Nainggolan mengatakan, perusahaannya menyediakan dana sebesar Rp 50 miliar untuk 3 tahun, sejak 2012 sampai 2014.

Setiap tahun, Indigo Incubator mencari sampai 20 startup. Startup yang belum memiliki produk dan bisnis model pun, bisa diterima dalam Indigo Incubator. "Kalau startup itu belum punya produk, tapi punya ide cemerlang, tidak menutup kemungkinan dia masuk inkubasi. Startup yang sudah punya produk dan bisnis model yang jelas, juga bisa masuk inkubasi," kata Bilpen dalam acara Roadshow Program Indigo Incubator di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Dukungan yang diberi dalam Indigo Incubator, berupa seed capital hingga Rp 250 juta yang dibagi dalam tiga tahap, dan venture capital hingga Rp 2 miliar per startup.

Setelah terlaksana Acara Roadshow Indigo Incubator ini sudah terlaksana di kota Yogyakarta dan Jakarta. Selanjutnya, sosialisasi program ini akan berlangsung di Medan (16 April), Surabaya (23 April), Bali (26 April), dan Bandung (1 Mei). Lokasi acara di masing-masing kota akan diumumkan kemudian.

Total waktu pelaksanaan Indigo Incubator berjalan selama 9 bulan dari Maret sampai Desember 2013. Untuk kategori Innovative Idea, tahap seleksi calon tenant dilaksanakan pada Juni 2013.

Sedangkan untuk seleksi kategori Innovative Product dan Innovative Business akan dilaksanakan dua kali, yaitu pada Juli 2013 dan September 2013. Perlu dicatat, jika kapasitas inkubasi sudah sepenuhnya terisi dari seleksi di bulan Juni, maka seleksi di bulan September terpaksa ditiadakan.

Pada November 2013, program Indigo Incubator akan diakhiri dan akan dilakukan proses kualifikasi untuk menentukan status kelulusan tenant pada program inkubasi ini. Tenant yang dinyatakan lulus, berhak mengikuti acara demo day dan business connect untuk menjajaki peluang kerjasama strategis termasuk pendanaan investasi lanjutan hingga Rp 2 miliar.

 

EditorWicaksono Surya Hidayat
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM