Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2013, 09:55 WIB

Engadget

KOMPAS.com - Samsung secara resmi meluncurkan dua smartphone Android dengan ukuran layar jumbo, lebih besar dari saudaranya, Galaxy Note II. Ponsel pintar berukuran besar ini akan hadir di pasaran dengan nama Galaxy Mega.

Layar dari perangkat Galaxy Mega ini dapat dikatakan jumbo karena memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan smartphone pada umumnya. Seri pertama dari Galaxy Mega memiliki ukuran 5,8 inci, sedangkan seri kedua hadir dengan layar yang lebih besar lagi, yaitu 6,3 inci.

Namun, berbeda dari Galaxy Note II yang menggunakan spesifikasi kelas atas, Samsung hanya mempersenjatai Galaxy Mega dengan spesifikasi mid-range saja. Mungkin, keputusan ini diambil untuk menjaga harga dari kedua perangkat ini.

Dikutip dari Engadget, Jumat (12/4/2013), Samsung Galaxy Mega 6.3 hadir dengan layar yang mendukung resolusi 1280 x 720 piksel. Seri yang satu ini sudah dipersenjatai dengan prosesor 1,7GHz dual-core, kamera belakang 8 megapiksel, dan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean).

Produk ini juga sudah mendukung jaringan LTE 4G dan HSPA, sudah dilengkapi dengan GPS, dan baterai berkapasitas 3,200mAh. Ada dua pilihan kapasitas penyimpanan internal dari seri tersebut, yaitu 8 atau 16GB. Namun, kapasitas tersebut masih bisa ditingkatkan dengan menggunakan kartu microSD hingga 64GB.

Belum ada konfirmasi harga dari Samsung mengenai Galaxy Mega 6.3. Walaupun ada di rentang layar antara Galaxy Note II dan Galaxy Note 8.0, banyak yang memperkirakan bahwa produk ini tidak akan semahal kedua saudara tuanya itu.

Samsung Galaxy Mega 5.8 memiliki spesifikasi sedikit lebih di bawah Galaxy Mega 6.3. Produk tersebut menggunakan layar yang mendukung resolusi qHD 960 x 540 piksel, prosesor 1,4GHz dual-core, dan kamera belakang 8 megapiksel.

Berbeda dari Galaxy Mega 6.3, Galaxy Mega 5.8 tidak didukung dengan koneksi jaringan LTE. Kecepatan maksimalnya hanya HSPA. Pilihan kapasitasnya pun hanya satu, yaitu 8GB saja.

Harga dari seri yang satu ini pun masih menjadi misteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com