Ultrapixel HTC One Ditantang 2 Smartphone Megapixel - Kompas.com

Ultrapixel HTC One Ditantang 2 Smartphone Megapixel

Kompas.com - 15/04/2013, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Sedikit melawan tren kamera smartphone yang menuju ke arah peningkatan resolusi mencapai belasan megapixel, HTC justru hanya membekali smartphone andalan barunya, HTC One, dengan unit kamera 4 megapixel.

Tapi jangan dulu memandang smartphone ini dengan sebelah mata. HTC One mengusung teknologi kamera "Ultrapixel" yang boleh dibilang merupakan inovasi berani dalam dunia fotografi smartphone.

Seperti yang bisa ditemukan dalam penjelasan lengkap di tautan ini, istilah Ultrapixel mengacu pada ukuran reseptor cahaya ("pixel") pada sensor kamera HTC One yang lebih besar dibandingkan smartphone lainnya. Ukuran yang lebih besar tersebut diklaim membuat sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan mampu menghasilkan gambar lebih bagus.

Ukuran sensor kamera Ultrapixel sendiri juga diklaim lebih besar dibandingkan smartphone lain, yaitu 1/3 inci.

Kekurangan teknologi ini, kamera HTC One hanya memiliki resolusi 4 megapixel atau jauh di bawah smartphone high-end lainnya yang kini mengusung sensor 8 megapixel atau lebih.

Mengapa bisa begitu? Bayangkan Anda mengisi penuh sebuah ember dengan bola ping-pong. Kosongkan ember tersebut, lalu isi penuh kembali, kali ini dengan bola tenis. Tentu, jumlah bola tenis yang bisa dimasukkan dalam ember lebih sedikit dari bola ping-pong karena ukurannya lebih besar. Itulah yang terjadi pada kamera HTC One dengan sensor Ultrapixel-nya yang memiliki pixel berukuran lebih besar dari smartphone lain.

Seperti apakah efeknya di dunia nyata? Kompas Tekno mencoba membandingkan hasil tangkapan gambar HTC One dengan dua smartphone lain yang memiliki resolusi lebih tinggi, yaitu iPhone 4S (8 Megapixel) dan Sony Xperia Z (13 Megapixel).

htc_one_comparison_main
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Semua parameter pengaturan diserahkan pada masing-masing smartphone dengan setting otomatis. Hasilnya bisa dilihat pada perbandingan di bawah ini. Foto teratas diambil dengan HTC One, disusul iPhone 4S dan Xperia Z secara berurutan.

htc_one_comparison_GOOD

Pertama-tama, mari kita tengok hasil foto ketiga smartphone saat berada dalam kondisi cahaya terang. Gambar tangkapan HTC One terlihat lebih kecil karena hanya memiliki resolusi 4 megapixel. Foto-foto dari iPhone 4S dan Xperia Z yang memiliki sensor 8 dan 13 megapixel pun terlihat lebih besar karena resolusi yang lebih tinggi.

Perbedaan resolusi ini segera tampak begitu kita mengarahkan mata untuk mencari detail halus pada gambar, utamanya pada perangko di bagian tengah. Tampak HTC One tak mampu menangkap garis-garis tipis di gambar wajah yang tertera pada perangko.

Hasil gambar kamera iPhone 4S tampak lebih detail, sementara, foto Xperia Z terlihat menunjukkan gejala noise reduction yang cukup berat sehingga membuatnya terlihat sedikit buram, mirip efek cat air. Mungkinkah 13 megapixel terlalu tinggi untuk ukuran sensor smartphone yang kecil?

Yang perlu ditekankan di sini, meski kurang detail, kamera "Ultrapixel" milik HTC One menghasilkan foto yang relatif bersih, bebas dari noise (bintik-bintik/ grain). Sebaliknya, biarpun lebih detail, gambar dari iPhone 4S menunjukkan tingkat noise yang lebih tinggi.

Bagaimana jika foto dari iPhone 4S (8 megapixel) dan Xperia Z (13 megapixel) dikecilkan menjadi lebih kurang 4 megapixel sehingga menyamai HTC One, akankah hasilnya berbeda?

htc_one_comparison_GOOD2

Ternyata, perbedaan kamera ketiga smartphone langsung menipis begitu hasil fotonya dikecilkan. iPhone 4S segera kehilangan detail -berikut noise- sementara efek "water coloring" Xperia Z menjadi tak terlalu kentara.  Perbedaan resolusi antara 4, 8, dan 13 megapixel agaknya memang sangat berpengaruh terhadap hasil akhir.

Di antara ketiganya, tangkapan gambar iPhone 4S terlihat sedikit lebih tajam, mungkin karena perekaman detail foto yang sedari awal sudah bagus.

Yang juga bisa dilihat di sini, metering HTC One dan Xperia Z agaknya "tertipu" oleh latar belakang berwarna putih polos sehingga hasil gambarnya sedikit lebih gelap dibandingkan iPhone 4S.

Ngomong-ngomong soal gelap, mari kita matikan lampu sejenak untuk melihat hasil tangkapan gambar HTC One, iPhone 4S, dan Xperia Z dalam kondisi low-light.

htc_one_comparison_BAD

Turunnya level cahaya segera memberi dampak buruk dalam bentuk yang berbeda-beda untuk ketiga smartphone. HTC One berhasil mempertahankan level noise yang rendah, tetapi kini hasil fotonya semakin kehilangan detail dan tampak buram akibat gempuran noise-reduction.

Hal yang sama berlaku pada Xperia Z, yang hasil fotonya di kondisi gelap benar-benar terlihat seperti lukisan cat air. Sebaliknya, iPhone 4S mengalami peningkatan noise dalam jumlah signifikan, tetapi berhasil mempertahankan sebagian detail. Tulisan-tulisan di perangko, misalnya, masih bisa terbaca. Agaknya algoritma kompresi pada kamera iPhone 4S memang lebih memilih untuk tidak menghapus noise terlalu banyak ketimbang mengorbankan detail.

Lalu, kamera smartphone manakah yang memberi hasil terbaik? Semuanya tergantung pada Anda selaku pengguna. Apakah lebih menyukai hasil foto yang bebas noise atau kaya detail? HTC One sanggup memberikan hal yang disebut pertama, tetapi untuk urusan detail sedikit kedodoran.

Akan tetapi, persoalan detail di sini pun sebenarnya tergantung lagi pada kebutuhan. Apakah Anda sering mencetak foto dari smartphone? Jika ya, berapa besar ukurannya? Keunggulan kamera dengan resolusi 8 megapixel atau 13 megapixel mungkin hanya bisa dilihat dalam cetakan foto berukuran besar, itu pun hanya berlaku untuk foto dengan pencahayaan optimal yang mampu memaksimalkan resolusi ekstra tersebut.

Sedikit catatan perlu ditambahkan untuk HTC One. Kamera smartphone ini memiliki native aspect ratio 16:9. Artinya, resolusi maksimum 4 megapixel (2688x1520) hanya bisa diperoleh jika Anda memotret dengan rasio gambar widescreen tersebut.

Apabila Anda mengubah aspect ratio menjadi 4:3, maka HTC One akan melakukan cropping dua sisi frame sehingga mengurangi resolusi efektif menjadi hanya 3 megapixel (2048x1520).

Untuk melihat contoh-contoh hasil foto kamera "Ultrapixel" milik HTC One di lingkungan real world dan membaca ulasan lengkapnya, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorReza Wahyudi
    Close Ads X