Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transfer Uang via BBM Laris di Indonesia

Kompas.com - 24/05/2013, 09:31 WIB

Associated Press BlackBerry Messenger

KOMPAS.com — Perusahaan penyedia layanan mobile banking, Monitise, mengumumkan, pengguna layanan BlackBerry Messenger Money (BBM Money) di Indonesia telah mencapai 60.000 dalam waktu tiga bulan setelah layanan itu dirilis pada 26 Februari 2013.

Proyek ini merupakan hasil kerja sama Agit Monitise Indonesia (perusahaan patungan Astra International dengan Monitise), Permata Bank, dan tentu saja BlackBerry. Diharapkan pengguna BBM Money pada akhir 2013 bisa menyentuh angka 200.000 pelanggan.

"Kami sangat senang dengan tingkat adopsi pelanggan sejauh ini. Popularitas layanan ini mengindikasikan bahwa mobile memainkan peran kunci dalam masa depan industri perbankan dan pembayar di seluruh Indonesia," ujar Lauren Sulistiawati, Retail Banking Director Permata Bank, dalam sebuah pernyataan, Rabu (22/5/2013).

Seperti diketahui, BBM Money pertama kali diterapkan di Indonesia. Layanan ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran atau transfer uang secara digital melalui ponsel BlackBerry.

Nah, BBM Money sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa diunduh dari toko aplikasi BlackBerry World. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses rekening bank dari ponsel BlackBerry lalu mengirim uang atau melakukan pembayaran ke kontak BBM teman yang juga telah memiliki akun BBM Money.

Transaksi lewat BBM Money diklaim aman. Pengguna diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi nama, nomor telepon seluler, dan membuat passcode sebagai kode keamanan yang harus dimasukkan setiap bertransaksi.

Pengguna hanya diizinkan bertransaksi menggunakan jaringan operator seluler yang dipakai. Aplikasi ini tak mengizinkan transaksi menggunakan jaringan Wi-Fi.

Direktur Agit Monitise Calvin Lim mengatakan, pihaknya ingin lebih memopulerkan layanan BBM Money, salah satunya dengan menambahkan fitur dan fungsi dalam waktu dekat ini. Ia berharap BBM Money bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, kartu seluler pascabayar, sampai kartu kredit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com