Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bersikeras Galaxy Note 3 Itu Fonblet

Kompas.com - 08/11/2013, 13:40 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Kata "phablet" biasa digunakan oleh vendor untuk menggambarkan sebuah ponsel pintar yang memiliki ukuran layar besar, biasanya antara 6 hingga 6,9 inci.

Namun, berbeda dari vendor-vendor lain, Samsung memiliki istilah sendiri untuk produk dengan spesifikasi seperti itu. Perusahaan asal Korea Selatan ini lebih suka menyebut kata "fonblet", dibandingkan harus menggunakan "phablet".

Dalam acara Analyst Day di Seoul, Korea Selatan, Kamis (7/11/2013), seperti dikutip dari Pocket-Lint, Samsung menggunakan kata "fonblet" untuk menggambarkan ponsel pintar berukuran layar besar, seperti Galaxy Note 3.

Kata tersebut diucapkan berkali-kali oleh CEO Samsung JK Shin selama acara presentasi berlangsung. Beberapa slide presentasinya pun banyak menyebutkan kata "fonblet" ini.

Bagi Samsung sendiri, kata "fonblet" ini sebenarnya tidaklah terlalu baru. Galaxy Mega, ponsel pintar Samsung yang memiliki bentang 5,8 dan 6,3 inci, dikabarkan memiliki nama asli Galaxy Fonblet 5.8.

Pada akhirnya, Samsung memang tidak jadi menggunakan kata "fonblet" untuk produk tersebut, tetapi setidaknya dapat diketahui bahwa kata tersebut sudah beredar lama di perusahaan asal Korea Selatan ini.

Kata "phablet" sendiri memang terlihat lebih umum dan populer digunakan dibandingkan dengan fonblet. Meskipun kata "phablet" sendiri tidak terlalu enak didengar, kata tersebut sudah masuk ke kamus online bahasa Inggris Oxford Dictionary.

Dalam kamus tersebut, phablet diartikan sebagai smartphone yang ukuran layarnya berada di antara komputer tablet dan smartphone lain pada umumnya.

Produk phablet ini untuk pertama kalinya naik daun pada saat Samsung merilis perangkat bernama Galaxy Note. Produk tersebut hadir dengan bentang layar yang kurang lazim di saat itu, yaitu sebesar 5,3 inci. Pada umumnya, ponsel pintar yang hadir waktu itu menggunakan layar dengan ukuran antara 3,5 sampai 4,5 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com