Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Chrome, Firefox Bisa "Ingat" Data Pengguna

Kompas.com - 09/02/2014, 07:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Seringkali pengguna browser harus menginput informasi login dan password berulang-ulang saat mereka menggunakan komputer yang berbeda.

Mereka juga kadang membutuhkan data lain, seperti bookmark yang telah mereka simpan di komputer pribadi, namun ingin mengaksesnya dari komputer lain.

Untuk mengakomodir penggunanya, Mozilla saat ini sedang menguji coba Firefox Sync dalam browser terbarunya. Firefox Sync mengharuskan pengguna browser Firefox untuk login terlebih dahulu untuk mendapatkan akses data browser yang tersimpan.

Langkah Firefox ini mirip dengan apa yang selama ini dikembangkan Google dengan Chrome-nya. Pengguna Chrome kini juga bisa login dengan akun Google mereka untuk mengakses berbagai akun.

Firefox Sync dibuat dengan dasar pemikiran bahwa banyak orang yang menggunakan perangkat komputasi berbeda-beda. Karena itu, akan lebih nyaman jika data browser mereka tersimpan dan bisa diakses dari perangkat apa saja.

Data tersebut termasuk user ID, password, bookmark, tab yang terbuka, serta parameter setting browser tertentu. Dengan satu akun tersebut, setting browser akan menyesuaikan dengan perangkat apa saja yang digunakan.

Dilansir di blog resmi Firefox pada Sabtu (1/2/2014), disebutkan fitur baru ini sedang diuji coba dalam versi Firefox Nightly yang belum dirilis resmi, namun bisa diunduh dan dicoba. Firefox mengatakan metode ini dibuat dengan metode enkripsi komplit end-to-end.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna bisa mencoba Firefox Nightly yang bisa diunduh dari tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com