Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bakal "Lepas" iTunes ke Android?

Kompas.com - 22/03/2014, 19:09 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber billboard
KOMPAS.com — Terus menurunnya angka penjualan album musik digital telah memaksa Apple untuk membuat strategi baru untuk toko musik digitalnya, iTunes.

Strategi baru seperti apa? Menurut kabar yang dilansir dari situs Billboard, Sabtu (22/3/2014), seorang sumber membocorkan bahwa saat ini Apple sedang memikirkan untuk menghadirkan layanan iTunes di platform buatan Google, yaitu Android. Akan tetapi, Apple masih belum memutuskan untuk melaksanakan strategi ini atau tidak.

Mengapa Apple memutuskan untuk "melepas" layanan andalannya ke platform saingannya? Saat ini, Android diketahui sebagai platform mobile terbesar, dengan jumlah pengguna terbanyak. Hal tersebut membuat Android menjadi salah satu pasar yang besar bagi Apple sendiri.

Strategi lainnya, Apple dikatakan akan membuat layanan streaming musik berbayar, mirip dengan layanan Spotify dan Beats Music. Sebagai gambaran, layanan Spotify mengizinkan penggunanya untuk men-streaming semua musik dalam basis datanya, dengan tarif 9,99 dollar AS untuk satu bulan.

Dikatakan, konsumen saat ini lebih memilih untuk menggunakan layanan streaming musik berbayar ketimbang harus membeli album musik digital secara satuan. Oleh karena itulah, Apple akhirnya memutuskan untuk membuat layanan streaming musik berbayar.

Hal tersebut terbukti dari data yang dilansir oleh beberapa lembaga. Sebagai contoh, Nielsen SoundScan menyebutkan, penjualan album musik digital di AS menurun 13 persen secara year-on-year, sementara penjualan lagu satuan menurun 11 persen secara year-on-year.

Sementara itu, menurut Recording Industry Association of America (RIAA), layanan streaming musik semacam Spotify, Youtube, dan Pandora rata-rata mampu mendapatkan 1,4 miliar dollar AS hanya dari biaya berlangganan. Nilai tersebut menunjukkan peningkatan 39 persen dari tahun 2012 lalu.

Masih menurut RIAA, pendapatan unduhan musik digital menurun 3,2 persen ke angka 2,9 miliar dollar AS.

Satu strategi lainnya, Apple dikatakan sedang membuka perbincangan dengan label-label musik besar. Apple berharap, para label ini mau menjual terlebih dahulu album musik artis yang dibawahinya di iTunes daripada di toko-toko musik fisik. Penjualan lagu satuan baru bisa dilakukan setelah CD musik sudah dijual di toko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com