Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Rilis 2 Laptop "Copilot Plus PC" di Indonesia, Seri Yoga dan ThinkPad

Kompas.com - 22/05/2024, 16:36 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo resmi meluncurkan dua laptop Windows 11 terbarun yang dibekali fitur kecerdasan buatan (AI), yaitu Lenovo Yoga Slim 7x dan Lenovo ThinkPad T14s Gen 6.

Kedua laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur chatbot AI bikinan Microsoft, yaitu Copilot, dan masuk ke dalam kategori laptop dengan label Copilot Plus PC. Artinya, pemrosesan AI di laptop ini sudah terjamin performanya oleh Microsoft.

Pemrosesan AI yang mumpuni di Lenovo Yoga Slim 7x dan Lenovo ThinkPad T14s Gen 6 bisa dinikmati konsumen berkat kehadiran chip ARM Qualcomm Snapdragon X Elite di kedua laptop tersebut. 

Chip ini memiliki prosesor (CPU) Qualcomm Oryon dengan jumlah inti mencapai 12 unit (12 core), unit pengolah grafis (GPU) Adreno, serta chip Neural Processing Unit (NPU) Qualcomm Hexagon yang bisa menopang kinerja AI. 

Lebih lanjut, chip NPU ini diklaim dapat menjalankan proses AI dan mengakses model bahasa besar (LLM) hingga 45 triliun operasi per detik (TOPS).

Performa NPU ini juga diklaim dapat digunakan untuk memproses kegiatan AI dan chatbot Copilot Plus di segala kondisi, baik offline maupun online.

Baca juga: Tablet Lenovo Tab K11 Meluncur, Chip Helio G88 Baterai 7.040 mAh

“Lenovo Yoga Slim 7x dan ThinkPad T14s Gen 6 adalah anggota terbaru dari portofolio perangkat Lenovo yang memanfaatkan kekuatan baru AI," kata Presiden Intelligent Devices Group Lenovo, Luca Rossi dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (22/5/2024).

"Dengan AI, kedua perangkat ini dapat memberikan personalisasi dan kontrol terbaik bagi pengguna, sehingga pengguna dapat menggali potensi dan kreativitas mereka demi meningkatkan produktivitas," imbuh Luca. 

Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7x

Ilustrasi laptop Lenovo Yoga Slim 7x.Lenovo Ilustrasi laptop Lenovo Yoga Slim 7x.

Lenovo Yoga Slim 7x merupakan laptop super tipis terbaru Lenovo yang memiliki dimensi ketebalan sekitar 12,9 mm. Laptop ini juga cukup ringan dengan bobot sekitar 1,28 kg. 

Secara desain, laptop ini mengusung layar PureSight OLED Touch dengan ukuran 14,5 inci dan resolusi 3K (2.944 x 1.840 piksel. Refresh rate layar ini adalah 90 Hz, dengan rasio layar 16:10 dan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nit.

Beberapa fitur pendukung layar laptop ini mencakup VESA Certified Display HDR, True Black 600, Dolby Vision, dan TUV Low Blue Light Certification. 

Pada aspek memori, Lenovo Yoga Slim 7x mendukung RAM LPDDR5X hingga 32 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD hingga 1 TB. 

Kemudian di segi konektor, laptop ini mempunyai tiga buah konektor USB-C yang mendukung transfer data hingga 40 Gbps, PowerDelivery 3.1, dan Display Port 1.4. 

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini mencakup baterai dengan kapasitas 70 Whr, FHD MIPI Webcam, IR Camera, Camera Shutter, empat buah mikrofon, dukungan audio Dolby Atmos, WiFi 7, Bluetooth 5.3, dan masih banyak lagi. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com