Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Lirik Pemindai Mata untuk Galaxy

Kompas.com - 21/05/2014, 09:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET
Samsung telah memiliki pemindai sidik jari pada Galaxy S5. Kedepannya, boleh jadi smartphone bikinan perusahaan ini bakal mengusung pemindai iris mata.

KOMPAS.com - Sebelum resmi diumumkan, smartphone Galaxy S5 dari Samsung sempat dikabarkan bakal mengusung  pemindai iris mata. Smartphone tersebut nyatanya "hanya" dibekali fingerprint scanner.

Namun, bukan berarti metode keamanan berbasis mekanisme biometri itu tak dilirik Samsung. Sebaliknya, pabrikan elektronik Korea ini justru sedang mempertimbangkan penerapan teknologi pemindai iris alias selaput pelangi pada mata.

Hal tersebut diungkapkan lewat pernyataan Wakil Presiden Senior Samsung Rhee In-jong yang dikutip oleh  Engadget.

"Kami sedang meneliti berbagai jenis (mekanisme) biometrik dan yang paling dilirik adalah deteksi iris," kata Rhee dalam sebuah forum di Hong Kong minggu ini.

Rhee juga menjelaskan bahwa teknologi pemindai mata, apabila nantinya benar-benar terwujud, kemungkinan bakal mulai diterapkan pada perangkat smartphone high-end Galaxy terlebih dahulu.

Setelah itu, diharapkan teknologi serupa akan menyusul dipasang pada model-model lain di segmen yang berbeda.

Pemindai iris sendiri merupakan teknologi yang mengenali pola unik pada selaput pelangi yang mengelilingi pupil pada mata. Layaknya sidik jari, bentuk iris mata tiap orang berbeda-beda dan tak ada yang sama. Teknologi ini dikenal lebih aman ketimbang fingerprint scanner.

Seperti pemidai sidik jari, pemindai iris kemungkinan bakal diintegrasikan dengan platform Knox, andalan Samsung di segmen enterprise yang mengutamakan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com