Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo N300, PC Desktop atau Tablet Raksasa?

Kompas.com - 10/09/2014, 09:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komputer All-in-One atau AIO biasanya menggunakan sistem operasi Windows besutan Microsoft, tapi tidak demikian halnya dengan N300 besutan Lenovo. Meski Layarnya berukuran besar mencapai 19,5 inci, Desktop AIO ini datang dengan OS mobile Android, lengkap dengan baterai yang diklaim bisa bertahan selama 3,5 jam.

Jadilah Lenovo N300 tak ubahnya tablet raksasa yang bisa dibawa kemana-mana. "N300 ini merupakan desktop All in One pertama di dunia yang memakai Android dan dilengkapi baterai," kata  Product Manager Consumer Desktop alenovo Indonesia, Julius Tjhin, dalam acara Lenovo Digital Playground di Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Layaknya desktop, selain layar lebar yang merangkap sebagai keseluruhan bagian komputer itu, N300 juga dibekali dengan unit mouse dan keyboard sehingga pengguna bisa mendudukannya di atas meja untuk dipakai bekerja.

Kendati mirip dengan gadget mobile, Tjhin mengatakan bahwa performa N300 setara dengan komputer desktop karena ditenagai prosesor Intel Celeron. "Harddisk-nya pun berukuran 500 GB, sehingga besar sekali untuk perangkat dengan OS Android," imbuhnya.

Lenovo N300 turut dilengkapi RAM sebesar 2GB dan layar sentuh. Komponen RAM dan Harddisk pada komputer merangkap tablet raksasa ini, menurut Tjhin, bisa diganti atau di-upgrade sendiri oleh pengguna. Hanya saja, garansi untuk komponen bersangkutan akan hilang. "Demikian juga dengan sistem operasinya, bisa diganti Windows tapi dengan menghilangkan Android yang sudah terpasang".

Di Indonesia, Lenovo membanderol N300 dengan kisaran harga Rp 7 juta. Komputer AIO tersebut telah tersedia di pasaran mulai hari ini. "Harga itu termasuk terjangkau untuk ukuran produk sekelasnya. Memang ada All in One yang dibanderol Rp 5 jutaan, tetapi tidak dilengkapi dengan touchscreen seperti N300," pungkas Tjhin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com