Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasai .app, Google Bayar Rp 323 Miliar

Kompas.com - 01/03/2015, 16:40 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google membayar sangat mahal untuk mendapatkan nama domain tingkat atas (top level domain) ".app". Perusahaan raksasa internet tersebut diharuskan untuk membayar 25 juta dollar AS atau sekitar Rp 323 miliar agar bisa mendapatkan hak eksklusif penggunaan domain tersebut.

Google sendiri, seperti dikutip KompasTekno dari Business Insider, Minggu (1/3/2015), sudah merencanakan pembelian nama domain .app ini sejak tahun 2012 lalu.

Kala itu, Google tidak hanya berusaha untuk membeli .app saja, tetapi puluhan nama domain tingkat atas lain, seperti .docs, .android, .free, .fyi, dan .foo.

Akan tetapi, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), organisasi yang mengelola nama domain internet di seluruh dunia, baru mengadakan pelelangan berbagai nama domain tingkat atas pada tahun 2014 lalu.

Pelelangan nama .app sendiri tercatat dimulai pada 25 Februari 2015 dan tampak langsung diminati banyak perusahaan.

Dengan mendapatkan hak eksklusif tersebut, Google nantinya bisa menjual atau mendaftarkan nama domain apapun yang nantinya akan diakhiri dengan domain .app.

Saat ini, Google saat baru membuka jasa penjualan domain dengan akhiran .dad, .here, .eat, dan .new.

Penjualan domain .app dan lainnya itu tidak dilakukan oleh Google sendiri. Jika ingin membeli, konsumen akan diarahkan untuk melakukan pembelian melalui rekanan Google. Namun, Google saat ini sedang menyiapkan layanan registrasi domain sendiri. Layanan tersebut sudah ada di tahap beta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com