Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erajaya Akuisisi Axioo

Kompas.com - 29/04/2015, 17:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) akan mengakuisisi produsen gadget, PT Axioo International Indonesia. Perseroan telah meneken perjanjian jual beli saham dengan PT Eka Nusa Persada, pemilik Axioo.

Djatmiko Wardoyo, Sekretaris Perusahaan ERAA mengatakan, penandatanganan jual beli saham telah dilakukan pada hari ini, Rabu (29/4). Emiten distributor peralatan komunikasi ini mengambil alih 5.100 saham Axioo milik Eka Nusa Persada.

Jumlah itu setara dengan 51persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh Axioo. "Nilai transaksi sebesar Rp 5,1 miliar," ujar Djatmiko dalam pernyataan resmi.

Pada tiga bulan pertama 2015, laba bersih ERAA tercatat turun dari Rp 80,08 miliar menjadi Rp 70,61 miliar. Hal ini lantaran membengkaknya beban yang harus ditanggung. Beban penjualan umum dan administrasi naik dari Rp 79,99 miliar menjadi Rp 116,06 miliar. Biaya keuangan bertambah dari Rp 36,9 miliar menjadi Rp 37,47 miliar.

Hal itu masih ditambah rugi akibat selisih kurs karena penjabaran laporan keuangan sebesar Rp 2,29 miliar. Tingginya beban ini menggerus pendapatan bersih perseroan yang meningkat 27,83 persen menjadi Rp 3,95 triliun. (Amailia Putri Hasniawati/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com