Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larry Page Jelaskan soal Google Baru dan Alphabet

Kompas.com - 11/08/2015, 10:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Google secara resmi memperkenalkan perusahaan barunya, Alphabet. Perusahaan tersebut akan menjadi induk dari semua yang dilakukan oleh Google.

Hal tersebut tertuang dalam surat pengumuman Google yang berisi tentang struktur operasi perusahaan yang baru, seperti dikutip KompasTekno dari blog Google, Selasa (11/8/2015).

"Perusahaan kami berjalan dengan baik. Namun, kami berpikir untuk membuatnya lebih baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena itu, kami membuat perusahaan Alphabet," tulis Larry Page yang kini bertindak sebagai CEO Alphabet.

Google mengatakan bahwa perusahaan cenderung nyaman dengan melakukan hal-hal yang sama. Padahal, di industri teknologi, ide-ide revolusioner adalah pendorong untuk menjadi lebih besar. Berdiam diri saja bukan hal yang relevan lagi saat ini.

Page menjelaskan tentang Alphabet dalam blog di situs Google sebagai gabungan dari berbagai perusahaan, yang paling besar tentu saja adalah Google.

Dengan demikian, bisa dibayangkan bahwa Alphabet menjadi induk dari Google dan perusahaan-perusahaan lain yang berbeda dari Google yang fokus pada internet, seperti perusahaan yang fokus dalam hal kesehatan.

Selain itu, ada pula XLab yang berisi proyek-proyek inovatif Google, seperti mobil dengan sistem operasi Android yang bisa berjalan sendiri, drone, atau balon Google Loon.

"Struktur baru ini akan memungkinkan kami untuk terus fokus mencari peluang-peluang baru dalam Google," tulis Page.

Tak lupa, Page juga memperkenalkan penggantinya di posisi CEO Google, yaitu Sundar Pichai. Penunjukan Pichai sebagai CEO baru Google menurut Page sudah tepat karena Pichai sering kali memiliki pandangan yang sama, atau bahkan lebih baik dari Page.

Di bursa saham, Page menjelaskan Alphabet Inc akan menggantikan Google Inc sebagai perusahaan publik terdaftar di bursa saham dan semua saham Google secara otomatis akan dikonversi ke dalam jumlah yang sama dengan saham Alphabet.

"Google akan sepenuhnya menjadi anak perusahaan Alphabet. Kedua sahamnya akan terus diperdagangkan di Nasdaq dengan kode emiten GOOGL dan GOOG," ujarnya.

Untuk membaca tulisan Larry Page lebih lengkap tentang Alphabet, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com