Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicorat-coret, Ini Tampang Baru Mobil Google

Kompas.com - 12/11/2015, 15:30 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Purwarupa mobil tanpa awak (self-driving car) Google memang baru diuji coba di jalanan wilayah Mountain View, California, AS, beberapa bulan belakangan ini.

Meski belum terlalu lama, Google sudah memberikan pembaruan (update) besar-besaran untuk purwarupa tersebut. Dalam hal apa?

Mobil-mobil kecil dengan bentuk mirip Mercedes Smart Fortwo ini tidak mendapatkan pembaruan dari segi fitur atau kemampuan. Uniknya, purwarupa tersebut mendapat wajah baru, berupa lukisan dari cat di bagian tubuhnya.

Pembaruan berupa lukisan cat itu sendiri tidak didesain oleh karyawan Google, melainkan hasil karya seniman lokal yang tergabung dalam program "Paint the Town: Mountain View".

Dalam program ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Pocket-Lint, Kamis (12/11/2015), Google memang mengajak seniman lokal California untuk mengajukan karya seninya yang sesuai dengan tema "My community, my neighbors" atau "Komunitas saya, tetangga saya".

"Sangat menyenangkan untuk membiarkan seniman lokal meninggalkan tandanya di kendaraan kami," tulis Google dalam akun resmi Google Plus.

Wicak Hidayat/KompasTekno Mobil Google dengan teknologi kemudi otomatis dipajang di kantor pusat Google X, Mountain View, California.

"Pemenang" atau karya terbaik dari program ini langsung digunakan Google untuk menjadi wajah baru dari purwarupa mobil pintarnya.

Intinya, mobil tanpa awak Google tidak akan hadir dalam wajah membosankan lagi. Sebagai gantinya, mobil-mobil tersebut akan berkeliling dalam balutan warna cerah dan penuh dengan lukisan di bagian pintunya.

Google Salah satu pemenang program Google

Google Salah satu pemenang program Google

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com