Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Kembangkan "Wearable Device" Ala Star Trek

Kompas.com - 25/11/2015, 09:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Di film Star Trek, kapten Picard dan para awak kapal antariksa Enterprise bisa saling berbincang dari jarak jauh dengan menyentuh bros “Communicator” yang tersemat di seragam mereka.

Purwarupa perangkat wearable device semacam ini, menurut laporan Time yang dirangkum oleh KompasTekno, Rabu (25/11/2015), rupanya pernah dikembangkan oleh Google.

Cara kerjanya pun mirip. Sang pengguna cukup menyentuhkan jari untuk mengaktifkan perangkat serupa Communicator tersebut. Ia kemudian bisa menerima input berbasis voice command, sekaligus menyalurkan suara melalui speaker terintegrasi.

“Saya selalu menginginkan bros (Communicator) itu,” ujar Amit Singhal, eksekutif Google yang mengepalai pengembangan perangkat bersangkutan.

“Anda tinggal memintanya melakukan apapun dan ia akan mengerjakannya. Itulah mengapa kami berpikir ingin mengembangkan purwarupa dan melihat bagaimana jadinya,” tambah Singhal.

Perangkat “Communicator” ala Google dilengkapi dengan mikrofon untuk menangkap suara pengguna. Ia tersambung ke smartphone melalui Bluetooth.

Melalui alat ini, Google ingin mengeksplorasi lebih jauh mengenai cara-cara memberi voice command tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Sayang, “Communicator” Google hanya sebatas purwarupa saja dan tak diteruskan lebih jauh.

Tapi paling tidak ia bisa memberi sedikit gambaran mengenai upaya Google untuk mengembangkan produk, sekaligus obsesi para teknisinya terhadap serial TV fiksi ilmiah Star Trek. Para Googlers, misalnya, pernah pula membikin alat mirip "Tricorder", juga dari film Star Trek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com