Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Amrita Sher-Gil yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 30/01/2016, 09:52 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google hari ini, Sabtu (30/1/2016), merayakan hari lahir Amrita Sher-Gil ke-103 tahun dengan membuat doodle khusus di halaman utamanya. Jika diklik, mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian yang terkait dengan Amrita Sher-Gil.

Siapakah sebenarnya Amrita Sher-Gil? Amrita adalah seorang pelukis wanita keturunan India yang lahir pada 30 Januari 1913 di Budapest, Hongaria. Amrita merupakan anak tertua dari pasangan Umrao Singh Sher-Gil Maijthia dan Marie Antoniette Gottesmann.

Amrita dianggap sebagai salah satu pelukis wanita paling berpengaruh pada abad ke-20 lalu. Ia bahkan sering dibanding-bandingkan dengan pelukis wanita terkenal lainnya asal Meksiko, Frida Kahlo.

Amrita mulai melukis pada usianya yang ke-5, tetapi baru mulai serius di umurnya yang ke-8.

Pada usia 16 tahun, Amrita dan ibunya berlayar ke Paris untuk mempelajari lebih lanjut ilmu melukis di Grande Chaumiere dan kemudian Ecole des Beaux-Arts.

Dalam masa pendidikan itu, Amrita membuat sebuah lukisan berjudul Young Girls, yang melambungkan namanya sebagai pelukis untuk pertama kalinya.

Meskipun di awal karirnya dia banyak terpengaruh dengan gaya barat, Amrita akhirnya lebih memilih gaya melukis India dan Pahari. Ia pun banyak menjadikan kondisi wanita di India sebagai objeknya.

Beberapa karyanya yang terkenal adalah Bride's Toilet, Brahmacharis, dan South Indian Villagers Going to Market.

Oleh karena itulah, Google akhirya memutuskan untuk merayakan hari lahir Amrita melalui doodle khusus. Doodle tersebut berupa sebuah lukisan yang dibuat oleh Jennifer Hom. Lukisan tersebut terinspirasi dan memiliki ciri khas lukisan terkenal Amrita lainnya, yakni Three Girls.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com