Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S7 Bermasalah, Perbaikan Bisa dari Jarak Jauh

Kompas.com - 02/04/2016, 14:38 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Samsung memperbarui aplikasi Samsung Plus. Di versi terbarunya, Samsung+ 3.0, perusahaan asal Korea Selatan itu menjejalkan berbagai fitur baru menarik, salah satunya adalah petugas teknisi pribadi.

Yang dimaksud dengan teknisi pribadi adalah sebuah fitur bernama "Assist". Melalui fitur ini, perwakilan atau teknisi resmi dari Samsung bisa mengakses smartphone pengguna dari jarak jauh. Fitur ini mirip dengan remote assistance yang ada di PC desktop.

Saat sudah terhubung ke ponsel pengguna, teknisi tersebut bisa mengganti beberapa setting dari perangkat atau memandu untuk menyelesaikan masalah yang dialami.

Meski demikian, si teknisi tidak bisa mengakses berbagai informasi pribadi yang disimpan di perangkat, seperti pesan dan gallery.

Tentu saja, perbaikan yang bisa dilakukan hanya sebatas masalah perangkat lunak dan sistem operasi. Jika terjadi kerusakan hardware, teknisi akan merekomendasikan ke pusat layanan pelanggan terdekat.

Sayangnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Sabtu (2/4/2016), fitur teknisi itu baru hadir di duo smartphone teranyar Samsung, Galaxy S7 dan S7 Edge.

Selain itu, Samsung juga membekali Samsung Plus dengan fitur "Live Support". Ini mengizinkan pengguna untuk bertatap muka langsung dengan teknisi melalui fitur video chat. Pengguna pun bisa berkomunikasi dengan menggunakan pesan teks melalui fitur yang satu itu.

Ada juga fitur yang disebut dengan "Device Diagnostics". Fitur tersebut akan memantau kondisi baterai, data, dan juga keamanan perangkat.

Aplikasi Samsung Plus sendiri sebenarnya kurang begitu dikenal. Pasalnya, layanan tersebut tidak tersedia secara pre-installed di smartphone Samsung. Samsung pun tidak mengiklankan aplikasi tersebut.

Namun, aplikasi ini bisa ditemukan di Google Play Store. Tentunya layanan hanya bisa dipasang di perangkat Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com