Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Cellular Show 2016 Resmi Dibuka

Kompas.com - 02/06/2016, 11:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Cellular Show (ICS) kembali digelar untuk ke-13 kalinya. Pameran teknologi tahunan tersebut dibuka hari ini, Kamis (2/6/2016) hingga Minggu (5/6/2016) mendatang di Hall A, Hall B, dan Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Tahun ini, tema pameran yang dipilih sesuai dengan salah satu fokus pemerintah, yakni Digital Revolution atau revolusi digital untuk memperkuat perekonomian Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara hadir sebagai perwakilan pemerintah untuk membuka resmi ICS 2016.

Menurut menteri yang kerap disapa Chief RA, industri teknologi menjadi tumpuan bagi era digital yang bakal mengubah gaya hidup seluruh umat manusia. Revolusi aktivitas ekonomi dari tradisional ke digital akan meningkatkan kecepatan transaksi dan efisiensi proses ekonomi.

"Ke depan pertumbuhannya akan ada di aplikasi digital dan e-commerce. Kita harus membuat Indonesia mampu bersaing di global," kata dia saat memberi sambutan.

Untuk itu, melalui pagelaran yang diselenggarakan Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) dan Dyandra Promosindo ini, masyarakat diharapkan dapat mengetahui perkembangan termutakhir terkait industri teknologi.

Selain pameran, ada juga acara Temu Pelanggan Seluler (TPS) 2016, seminar, workshop, dan penampilan band sohor Nidji. Menurut Sekjen ATSI Merza Fachys, rangkaian seminar ICS 2016 akan membahas isu-isu relevan di dunia teknologi akhir-akhir ini.

"Sharing economy banyak diperbincangkan akhir-akhir ini, apakah akan memudahkan atau menyulitkan. 4G juga sekarang sudah melayani 50 persen dari seluruh wilayah Indonesia. Apa pentingnya? Ini yang akan kita bahas dalam seminar-seminar selama empat hari ke depan," kata dia dalam kesempatan yang sama.

ICS 2016 menggandeng 56 ekshibitor yang terdiri dari operator telekomunikasi, vendor seluler, aplikasi, serta perusahaan pendukung dan aksesori. Beberapa di antaranya adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison Tri, Erafone, Uber, Vivan, dan Advance.

Pada hari Jumat, ICS juga menggelar dua rangkaian acara spesial. Pertama, ada Student Day di mana siswa dapat masuk gratis ke arena pameran hanya dengan menunjukkan kartu identitas. Kedua, ICS mengadakan Midnight Sale untuk para pemburu barang elektronik diskonan.

Tiket masuk ke area pameran sendiri dikenai Rp 15.000. Pameran dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Tahun lalu, pengunjung ICS ditaksir mencapai 75.000 dalam empat hari. Tahun ini pengunjungnya ditargetkan semakin banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com