Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megapiksel Tinggi Tak Berarti Kamera Ponsel Bagus

Kompas.com - 07/06/2016, 14:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini ketangguhan kamera ponsel selalu dipandang dari angka megapikselnya. Padahal sejatinya angka megapiksel yang makin tinggi bukannya memberi pengaruh baik, melainkan mengurangi kualitas foto.

Sensor kamera ponsel berukuran sangat kecil. Semakin tinggi megapiksel yang disematkan pada sensor kecil, maka semakin banyak bintik-bintik yang bakal muncul dalam setiap foto.

Produsen sensor kamera ponsel OmniVision Technologies berusaha membuktikan konsep tersebut dan berhenti mengejar angka megapiksel. Mereka membuat sebuah sensor dengan ukuran megapiksel kecil, tetapi memiliki berbagai kecanggihan lain.

“Seiring meningkatnya kebutuhan kamera pada ponsel premium, perlombaan megapiksel mulai melambat. Produsen sensor pun mulai menekankan pada kinerja per piksel dan ukuran sensor agar kualitas foto serta video membaik,” terang Technical Marketing Manager OmniVision James Liu.

“Sensor terbaru kami, OV12890 adalah sensor dengan desain bertumpuk (stacked) terbesar untuk pasar ponsel. Ini solusi terkuat kami, hasil foto dan rekaman videonya pun sangat bagus,” lanjutnya.

OmniVision memperkuat fitur noise reduction pada sensor kamera dan kecepatan yang sanggup merekam video 4K atau 2K pada 60 frame per detik. Sensor tersebut memiliki permukaan seluas 1/2,3 inci, ketajaman 12 megapiksel dan desain bertumpuk.

Seperti dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (7/6/2016), desain yang dipakai membuat sensor ini bisa ditempatkan di ruang sempit, ideal untuk dipakai ponsel mutakhir. Selain itu, mereka mengklaim sudah meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya.

Biasanya sensor kamera khusus 4K atau sensor kamera pada umumnya hanya bisa menjangkau kecepatan 30 frame per detik. Sensor buatan OmniVision kali ini bisa mencapai 60 frame per detik karena arsitektur khususnya.

OV12890 baru akan diproduksi pada akhir 2016 mendatang dan belum diketahui ponsel apa saja yang bakal memakainya. Selain seri ini, OmniVision juga sempat merilis sensor lain yang memiliki ketajaman 16 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com