Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Chatbot AI Mirip Selebriti dan Influencer?

Kompas.com - 27/06/2024, 14:01 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Google dilaporkan sedang mengembangkan sebuah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang mampu meniru selebriti, influencer YouTube, hingga karakter fiksi.

Proyek chatbot ini, yang dirumorkan bakal mengandalkan AI Gemini milik Google, akan dipimpin oleh seorang eksekutif yang bertugas di Google Doodles bernama Ryan Germick, dan akan dikerjakan bersama dengan sebuah tim berjumlah 10 orang.

Seperti proyek AI lainnya dari Google, konon chatbot tersebut juga hanya akan diluncurkan di platform eksperimen milik Google, yakni Google Labs pada tahun ini, sebelum digulirkan secara lebih meluas.

Baca juga: Gmail Kedatangan AI Gemini, Bisa Rangkum Isi E-mail, Bikin Draft, dll.

Google juga disebut sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna membuat chatbot mereka sendiri hanya dengan mendeskripsikan kepribadian dan penampilan. Google pun kabarnya tengah berusaha menjalin kemitraan dengan para influencer serta selebriti.

Meski begitu, hingga saat ini masih belum diketahui secara jelas siapa saja selebriti atau influencer yang nantinya akan bermitra dengan raksasa mesin pencari tersebut. Tanggal peluncuran chatbot terkait pun masih belum diumumkan.

Bukan hal baru

Adapun ide chatbot AI yang dapat dipersonalisasi dari Google itu bukan hal baru. Sebelumnya pada 2023, chatbot serupa juga telah dibuat oleh perusahaan teknologi Meta, dan bahkan telah meluncur di platform media sosial Instagram dan WhatsApp.

Chatbot selebriti bikinan Meta pun kabarnya telah didasarkan pada beberapa kepribadian selebriti kenamaan seperti Snoop Dogg, YouTuber Mr. Beast, Tom Brady, Paris Hilton, hingga Kendall Jenner.

Perusahaan lain Character.AI, yang didirikan oleh 2 orang mantan pegawai Google, yakni Noam Shazeer dan Daniel De Freitas, pun telah membuat layanan chatbot semisal, yang menawarkan berbagai kepribadian, mulai dari karakter TV hingga politisi di kehidupan nyata.

Layanan dari Character.AI tersebut juga dikatakan memungkinkan pengguna untuk membuat kepribadian mereka sendiri dengan gaya merespons unik, yang dapat dilatih melalui kumpulan data teks.

Baca juga: Google Rilis AI Gemini 1.5 Pro, Bisa Analisis Lebih Banyak Data dan Input

Jikapun benar, tidak jelas mengapa Google ingin mengalokasikan sumber daya mereka untuk jenis chatbot ini, padahal kabarnya, chatbot selebriti milik Meta tidak begitu sukses, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari YahooNews, Kamis (27/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com