Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Whatsapp Uji Coba Fitur "Dialer", Bisa Telepon dan Chat WA tanpa Simpan Nomor

Kompas.com - 27/06/2024, 18:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp mulai menguji coba fitur dialer alias papan tombol panggilan di dalam aplikasi.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan secara langsung via WhatsApp, tanpa perlu menyimpan kontak.

Menurut laporan situs yang kerap memberi bocoran soal WhatsApp, WABetaInfo, fitur WA dialer ini mulai diuji coba untuk pengguna WhatsApp beta versi 2.24.13.17 di ponsel Android.

Dari tangkapan layar yang dibagikan, tampilan WhatsApp dialer ini mirip seperti dialer bawaan yang ada di ponsel, terdiri dari digit angka disertai abjad serta tombol telepon. Ikon WhatsApp dialer ini terdapat di tab "Calls/Panggilan".

Ketika diklik, pengguna bisa memasukkan nomor telepon, kemudian mengelik logo telepon untuk memulai panggilan suara. Ada juga ikon pesan. Ini memungkinkan pengguna dengan cepat mengirim pesan ke nomor telepon, tanpa menyimpan kontak.

Baca juga: Daftar 47 HP Android dan iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Tahun Ini

Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk menyimpan nomor dengan cepat ke buku alamat sebagai kontak baru atau menambahkannya ke kartu kontak yang sudah ada.

Tampilan WhatsApp dialer, papan tombol panggilan di dalam aplikasi WhatsApp. Fitur yang memungkinkan pengguna menelepon orang tanpa menyimpan nomor ini sedang diuji coba di WhatsApp beta versi 2.24.13.17 di ponsel Android.

WABetaInfo Tampilan WhatsApp dialer, papan tombol panggilan di dalam aplikasi WhatsApp. Fitur yang memungkinkan pengguna menelepon orang tanpa menyimpan nomor ini sedang diuji coba di WhatsApp beta versi 2.24.13.17 di ponsel Android.
Fitur WhatsApp dialer ini dapat memudahkan pengguna saat akan melakukan panggilan telepon karena tidak perlu lagi menyimpan nomor yang akan dihubungi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (27/6/2024).

Fitur itu akan berguna bagi kontak yang mungkin jarang dihubungi, atau hanya perlu dihubungi sementara saja. Misalnya ketika pengguna melakukan pembelian online untuk berkomunikasi dengan layanan pelanggan dari penjual, dan lain sebagainya.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat Pakai QR Code, Lebih Gampang

Seperti panggilan WhatsApp pada umumnya, panggilan yang dilakukan dari dialer juga mengonsumsi kuota data atau WiFi pengguna.

Pada aspek keamanan, WhatsApp juga memasang enkripsi end-to-end untuk fitur panggilan baik suara maupun video. Jadi, panggilan dari dialer sedianya juga dilindungi sistem keamanan tersebut.

Belum diketahui kapan WhatsApp bakal merilis fitur dialer bawaan dalam aplikasi ini untuk semua pengguna. Saat ini, fitur WhatsApp dialer masih dalam tahap uji coba oleh pengguna WhatsApp beta. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com