Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jas Biru Ikonik Steve Jobs Dilelang, Bisa Laku Rp 493 Juta

Kompas.com - 27/06/2024, 16:01 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Barang-barang yang terkait dengan mendiang pendiri Apple, Steve Jobs, selalu menarik minat kolektor sehingga kerap laku dilelang dengan harga tinggi.

Demikian juga dengan setelan jas biru yang dikenakan oleh Jobs dalam sebuah foto iklan ikonik untuk memperkenalkan lini komputer Macintosh pada 1984. Setelan jas bermotif garis-garis vertikal tipis itu kini tengah dilelang di balai lelang Julien's Auction.

Penawaran awalnya dipatok sebesar 5.000 dollar AS (Rp 82 juta). Namun, setelan bermerek Wilkes Bashford tersebut diperkirakan bakal laku dengan harga hingga 30.000 dollar AS (Rp 493 juta).

Menurut Julian’s Auction, setelan yang terbuat dari bahan cupro ini memiliki dua saku di bagian depan, satu saku di bagian dada, dan tiga saku di bagian dalam.

Baca juga: Kartu Nama dengan Tanda Tangan Steve Jobs Terjual Rp 2,8 Miliar

Kancingnya berwarna abu-abu, dengan bagian dalam yang dilapisi sutra berwarna krem, label ukuran bertuliskan 39/49. Pasangan jas dan celana memiliki bahan, warna, dan pola yang senada.

Julian’s Auction menyatakan juga bakal menyertakan sebuah pin Apple Macintosh vintage yang terletak di bagian saku dan hanger kayu bermerk Wilkes Bashford asli. Namun, kemeja putih yang dipakai Jobs dalam iklan disebut tidak termasuk dalam lelang.

Gambar pin Macintosh yang turut disertakan dalam lelangJulian's Auction Gambar pin Macintosh yang turut disertakan dalam lelang

Barang lain dari Steve Jobs juga dilelang

Dalam lamannya, Julian’s Auction pun turut melelang jas yang dulu pernah dipakai oleh Steve Jobs pada saat pesta pensiun temannya, Ben Rosen, dari Morgan Stanley di Palo Alto, California, tahun 1980.

Terdapat juga 2 dasi bermerek Wilkes Bashford San Francisco, 1 dasi merek Polo Ralph Lauren, serta 1 dasi kupu-kupu merek Perry Ellis berwarna merah marun yang pernah dipakai Jobs, dan saat ini dilelang oleh Julian’s Auction.

Baca juga: 7 Bos Teknologi yang Pernah Dipecat dari Perusahaannya Sendiri, Ada Steve Jobs dan Jack Ma

Sebuah tas garmen bermerek Hartmann Luggage yang terbuat dari kulit, yang awalnya dimiliki oleh Steve Jobs lalu dia hadiahkan ke salah seorang mantan karyawan, lengkap dengan inisial "SPJ" (Steven Paul Jobs, nama lengkap Steve Jobs)

Aneka memorabilia tentang Steve Jobs cenderung dihargai tinggi. Misalnya, cek senilai 4,01 dollar yang ditulis Jobs untuk RadioShack terjual lebih dari 46.000 dollar AS (Rp 755 juta) Desember lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AppleInsider, Kamis (27/6/2024).

Bahkan, pada bulan Maret tahun ini, kartu nama Jobs yang ditandatangani pada tahun 1983 dikabarkan telah mencatatkan rekor baru sebagai kartu nama termahal yang pernah dijual, mencapai 181.183 dollar AS (Rp 2,9 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com