Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Rodolfo Guzmán Huerta yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 23/09/2016, 06:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari Jumat ini (23/9/2016), Google menampilkan doodle baru di laman utama mesin pencarinya. Desain Doodle tampak memadukan huruf-huruf logo “Google” dengan sebuah topeng.

Saat di-klik, doodle akan memutar slideshow berisi ilustrasi karir seorang pegulat yang berjaya, termasuk overview kota tempatnya tinggal dan adegan-adegan pertarungan di atas ring.

Total terdapat 12 gambar yang bisa dilihat. Siapa tokoh dalam gambar-gambar tersebut?

Dialah El Santo (julukan yang berarti “orang suci”), seorang pegulat bertopeng asal Meksiko yang dulu menjadi salah satu ikon pertunjukan olahraga tersebut di negara asalnya.

Bernama asli Rodolfo Guzmán Huerta, pria ini lahir hampir 100 tahun lalu pada 23 September 1917. Google Doodle hari ini memperingati ulang tahunnya yang ke-99.

Wikipedia Topeng El Santo yang selalu dikenakan oleh Guzman
Guzman mulai terjun sebagai luchadores alias pegulat profesional bertopeng pada pertengahan 1930-an, setelah sebelumnya sempat belajar ilmu beladiri jujitsu. Nama “El Santo” mulai digunakan pada tahun 1942.

Sepanjang karirnya yang membentang selama hampir lima dekade, El Santo membantu mempopulerkan pertunjukan gulat di Meksiko.

Salah satu kebiasannya yang terus dikenang adalah terus mengenakan topeng sepanjang waktu di luar arena. Bahkan ketika sedang ngobrol empat mata dengan orang lain.

Saat bepergian dengan pesawat, El Santo mengambil penerbangan berbeda dari para kru gulat lain supaya mereka tak melihat wajahnya ketika membuka topeng untuk melalui pemeriksaan imigrasi.

Satu-satunya saat di mana El Santo membuka topeng di hadapan publik adalah ketika mengucap selamat tinggal kepada para fans, dalam sebuah wawancara TV yang ditayangkan pada akhir Januari 1984, setahun setelah dia pensiun dari arena gulat.

Hanya seminggu setelahnya, El Santo meninggal karena serangan jantung. Dia dimakamkan dengan memakai topeng kebanggaannya yang berwarna perak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com