Google Pamer Kemampuan Android Oreo Lewat "Super Hero" - Kompas.com

Google Pamer Kemampuan Android Oreo Lewat "Super Hero"

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 22/08/2017, 18:41 WIB
Robot super hero maskot Android Oreoscreenshot Robot super hero maskot Android Oreo

KOMPAS.com - Google telah resmi mengumumkan Android 8 Oreo terbarunya. Selain pengumuman tersebut, mereka juga merilis sebuah video pendek yang memamerkan kemampuan ala super hero pada sistem operasi baru itu.

Video pendek tersebut dibuka dengan animasi peristiwa gerhana matahari total yang melintasi Amerika Serikat pada Senin (21/8/2017) waktu setempat.

Kemudian dari angkasa, jatuhlah sekeping biskuit Oreo. Biskuit ini kemudian menjelma menjadi robot super hero Android, ketika disentuh oleh salah satu robot hijau.

Robot superhero tersebut memiliki tubuh terbuat dari Oreo, jubah berwarna hijau yang menjuntai di punggung, serta kostum kombinasi warna hijau dan putih.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5Google, super hero tersebut merupakan maskot baru untuk Android Oreo.

Dalam video pendek yang diunggah tim Android Google ke YouTube, sang super hero ini pun memperlihatkan sejumlah kemampuan baru yang bakal hadir di Android Oreo.

Kemampuan yang dimaksud adalah tingkat keamanan yang lebih tinggi, pengaturan kinerja yang lebih cerdas dan sistem operasi yang lebih tangguh dibanding seri terdahulu.

Sayangnya, video pendek tersebut tak mengungkap kemampuan lain dengan rinci. Hanya janji-janji itu saja yang diungkap di dalamnya.

Anda bisa menyaksikan video singkat tersebut di bawah ini, atau melalui tautan berikut ini.

Seperti diketahui, sekarang Google sudah menyediakan Android Oreo dalam Android Open Source Project (AOSP). Namun sistem operasi baru ini belum dirilis secara over-the-air ke publik.

Google mengatakan bahwa Android Oreo sudah masuk tahap carrier testing di sejumlah smartphone buatannya, seperti Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel serta Pixel XL.

Sementara itu, untuk perangkat-perangat dari vendor pihak ketiga dijanjikan bakal bisa menjajalnya pada akhir 2017 ini. Perangkat yang dimaksud antara lain, Essential, General Mobile, HMD Global Home untuk Nokia Phones, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony.

Beberapa fitur baru Android Oreo adalah background limit untuk menghemat baterai dan data, notification channel dan dots untuk mempermudah akses ke hal-hal penting, picture in picture untuk menunjang produktivitas dengan dua aplikasi pada satu waktu, serta keamanan yang diklaim lebih mumpuni.

Optimisasi sistem operasi pada Android Oreo digadang-gadang bisa menghasilkan performa dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Bagi pecinta emoji, ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM