Kreativitas Netizen Sambut Fitur 280 Karakter di Twitter - Kompas.com

Kreativitas Netizen Sambut Fitur 280 Karakter di Twitter

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 10/11/2017, 10:05 WIB
Logo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS.ist Logo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS.

KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan pertama kali pada September 2017 lalu, fitur kicauan 280 karakter di Twitter mengundang pro dan kontra. Sebagian netizen menanti-nanti implementasinya, namun ada pula yang mengkritik, karena kicauan 140 karakter selama ini dianggap sudah menjadi ciri khas Twitter.

Kini, setelah diresmikan, kicauan 280 karakter malah memicu kreativitas netizen untuk merangkai kata di Twitter. Akun brand dan institusi pun tak mau ketinggalan kehebohan ini. Semua membaginya dengan tagar #280characters di Twitter.

Salah satunya layanan music streaming Spotify (@spotify) yang membuat playlist 20 lagu di akun Twitter resminya. Untuk menambah keseruan, Spotify menuliskan judul lagu dengan simbol emoji untuk ditebak para pengikutnya.

Lembaga pemerintah AS untuk program luar angkasa, NASA, juga berkreasi lewat salah satu akun Twitter resminya, NASA Goddard (@NASAGoddard). NASA membuat kolektif emoji dan ikon di Twitter yang membentuk galaksi.

Organisasi nirlaba American Forests (@AmericanForests) pun tak mau ketinggalan. Kicauan 280 karakter dimanfaatkan dengan membagikan puisi tentang alam yang terbilang panjang. Disisipkan pula gambar lanskap hutan dengan pohon-pohon rindang nan hijau.


Salah satu akun Twitter resmi rumah produksi komik Marvel (@MarvelUK) juga unjuk kreativitas melalui kicauan 280 karakter. Akun tersebut membagikan GIF dari potongan scene film “Guardians of The Galaxy” yang memperlihatkan karakter Groot.

Lantas kicauannya hanya mengulang quote “I am Groot” hingga mencapai batas 280 karakter, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (10/11/2017).

Konsep serupa juga diimplementasikan layanan ride-sharing Grab Indonesia melalui akun Twitter @GrabID. Grab menuliskan kata “kangen” berulang-ulang hingga akhirnya membuat spasi dan mengajak masyarakat memesan Grab untuk bertemu dengan orang yang dirindukan.

Content Creator Tubagus Putera melalui akun (@tbputera) menggambarkan perbedaan ketika Twitter memberi batasan 140 karakter dan 280 karakter.

Alexander Thian (@aMrazing) tak membuat spasi yang panjang untuk menghabiskan batasan kicauan 280 karakter. Di sisi paling bawah, ia menuliskan “retweet untuk bikin orang kzl”.

 

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
SumberTwitter

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM