Beredar, Bocoran Nilai Kinerja Samsung Galaxy S9 Plus - Kompas.com

Beredar, Bocoran Nilai Kinerja Samsung Galaxy S9 Plus

Oik Yusuf
Kompas.com - 22/12/2017, 20:17 WIB
Bocoran gambar render Galaxy S9 Plus dari sisi depan memperlihatkan kamera ganda yang disusun secara vertikal.@OnLeaks @MySmartPrice Bocoran gambar render Galaxy S9 Plus dari sisi depan memperlihatkan kamera ganda yang disusun secara vertikal.

KOMPAS.com - Makin mendekati bulan Februari 2018 yang diprediksi bakal menjadi waktu kemunculannya, aneka bocoran mengenai duo smartphone Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus makin deras beredar.

Pekan ini muncul sebuah screenshot aplikasi benchmark Geekbench yang disinyalir memperlihatkan skor Galaxy S9 Plus. Dugaan tersebut didasarkan pada nomor model “SM-G965U1” untuk perangkat dalam bocoran tangkapan layar.

Akhiran angka “5” disebut mengacu pada ukuran layar lebih besar karena sebelumnya Galaxy S8 Plus dan Galaxy S7 Edge juga memiliki nomor model yang diakhiri angka “5”.

Sementara, huruf “U” kemungkinan menjelaskan bahwa perangkat dimaksud merupakan model unlocked (tanpa kontrak SIM card operator).

Bocoran screenshot Geekbench yang diduga memperlihatkan nilai kinerja Galaxy S9 Plus berbasis Snapdragon 845.Phone Arena Bocoran screenshot Geekbench yang diduga memperlihatkan nilai kinerja Galaxy S9 Plus berbasis Snapdragon 845.
Dengan begitu, besar kemungkinan bahwa perangkat dalam bocoran skor Geekbench merupakan Galaxy S9 Plus untuk pasaran Amerika Serikat yang ditenagai chip Snapdragon 845.

Skor Geekbench yang ditampilkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (22/12/2017), kira-kira 27 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 835 dalam uji single core. Sementara, skor multi-core lebih tinggi sekitar 31 persen.

Screenshot turut menampilkan kapasitas RAM sekitar 5 GB untuk perangkat dalam pengujian. Kemungkinan ini berarti Galaxy S9 Plus dalam benchmark merupakan varian yang dibekali dengan RAM 6 GB.

Galaxy S9 Plus memang sempat dirumorkan akan tersedia dalam versi RAM 4 GB dan 5 GB. Namun, bisa saja angka “5 GB” itu merupakan kekeliruan Geekbench yang salah mengenali jumlah RAM perangkat.

Disebutkan pula bahwa Galaxy S9 Plus dalam pengujian menjalankan sistem operasi Android 8.0. Samsung mungkin akan langsung membenamkan OS Android terbaru itu di duo Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di saat peluncuran.

Perlu ditambahkan bahwa smartphone seri Galaxy S Samsung yang dipasarkan di Indonesia biasanya dibekali chip Exynos, bukan Snapdragon. Karena itu, bocoran di atas belum tentu relevan dengan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus versi Indonesia nanti.

Baca juga : Inikah Tampang Samsung Galaxy S9 Plus?

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM