Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bajak Bos Google untuk Bikin Chip AI

Kompas.com - 16/07/2018, 11:34 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Facebook semakin serius menggarap chip yang dirancang khusus untuk menjalankan sistem artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Bahkan baru-baru ini, raksasa media sosial itu telah membajak teknisi senior yang mengerjakan chip untuk Google, demi melancarkan misinya.

Orang yang dibajak oleh Facebook adalah Senior Director of Engineering Google, Shahriar Rabii. Dia sudah hampir tuhuh tahun berada di Google dan mengawasi pembuatan chip untuk perangkat konsumer, spesifiknya chip Visual Core yang disematkan pada smartphone Pixel 2.

Namun sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Senin (16/7/2018), Rabii telah mengubah informasi pekerjaannya di LinkedIn menjadi VP and Head of Silicon Facebook.

Ambisi Facebook untuk menciptakan chip yang khusus dirancang untuk mengoperasikan kecerdasan buatan memang santer terdengar sejak beberapa bulan lalu.

Raksasa media sosial itu juga belum bicara banyak dan tidak diketahui apakah chip kecerdasan buatan itu akan dirilis untuk perangkat konsumer, atau hanya dipakai sendiri di servernya.

Selain chip, Facebook juga memendam hasrat besar untuk membuat hardware lain dan telah mendirikan divisi khusus untuk mengerjakannya.

Wujud ambisi itu antara lain berupa divisi Building 8 yang nyaris merilis speaker pintar, serta pengembangan hardware virtual reality berlandaskan chip mobile buatan Qualcomm.

Baca juga: Facebook Perbaiki Hasil Foto Merem dengan Kecerdasan Buatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com