Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Siapkan Ponsel Selfie Pakai Kamera Belakang

Kompas.com - 25/07/2018, 17:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo sepertinya belum puas ciptakan inovasi untuk sapu bersih bingkai pada layar depan. Setelah meluncurkan ponsel premium Oppo Find X, Oppo dikabarkan tengah menyiapkan ponsel selfie dengan dua panel layar.

Oppo disebut telah mengantongi persetujuan desain ponsel dari badan kekayaan intelektual dunia (World Intellectual Property Office/ WIPO). Dari bocoran yang beredar, desain bakal flagship ini agaknya mirip dengan desain ponsel Meizu 7 Pro.

Hanya saja, letak layar sentuh kedua di bagian punggung berpindah tempat. Jika Meizu 7 Pro menempatkan layar keduanya di tepi kiri tepat di bawah sensor dual kamera, Oppo menariknya leih ke atas.

Layar kedua ini menggantikan fungsi selfie pada kamera depan yang dihilangkan. Sehingga nantinya, pengguna bisa melakukan selfie menggunakan kamera belakang yang hasilnya bisa dilihat melalui layar kedua.

Bocoran Oppo dengan dua layarLets Go Digital via Gizmo China Bocoran Oppo dengan dua layar
Ada empat skema yang beredar dengan posisi kamera ganda dan tunggal yang berbeda-beda. Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (25/7/2018), layar tambahan di belakang akan dibekali beberapa fitur kamera seperti night mode, perekaman video lanjutan, dan self-timer foto.

Baca juga: Oppo F9 Bakal Segera Diumumkan?

Untuk berpindah layar, Oppo akan menyematkan sebuah tombol ikon. Kemungkinan, Oppo akan menggunakan panel LCD atau OLED dengan layar lengkung seperti yang diadopsi untuk Oppo Find X.

Dari paten yang diajukan, ponsel misterius ini akan membawa fitur anti-debu sekaligus anti-air yang cukup aman untuk layar kedua karena letaknya di punggung perangkat.

Paten ini didaftarkan pada September lalu dan dirilis oleh WIPO 12 Juli 2018. Hingga saat ini, Oppo belum mengonfirmasi kapan akan mengenalkan flagship ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com