Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Klarifikasi Kabar Hangouts Bakal Ditutup

Kompas.com - 06/12/2018, 09:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo


KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, beredar kabar bahwa raksasa pencari Google akan menghentikan layanan chatting-nya, Hangouts.

Rumor yang beredar menyebut bahwa Google Hangouts akan dihentikan layanannya pada 2020 mendatang, karena tak bisa menggaet pengguna. Namun, kabar itu segera dibantah Google.

Bantahan itu disampaikan oleh Scott Johnson, Director of Product Managemeng G Suites, lewat akun Twitter pribadinya, yang menyebut bahwa laporan yang tersebar itu hoaks.

"Belum ada keputusan kapan Hangouts tutup," katanya sembari membalas tweet tautan berita yang menyebut Hangouts bakal ditutup.

"Keterangan yang kamu dapat itu salah, kamu bisa cari yang benar dan baik," tambahnya.

Baca juga: Google Hangouts Tutup di 2020?

Lebih lanjut, Johnson menyebut pengguna Hangouts secara perlahan akan "dipindahkan" ke aplikasi baru yang serupa, yakni Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Namun belum diketahui kapan proses migrasi ini akan dilakukan.

Kabar ini bisa dibilang membingungkan, sebab Google memang telah berencana "memisahkan" aplikasi SMS dan aplikasi pesan instan bikinannya, beberapa waktu lalu.

Dilansir KompasTekno dari Ubergizmo, Kamis (6/12/2018), pihak Google telah mencanangkan pengembangan Hangouts menjadi Chat dan Meet pada Maret 2017 silam.

Aplikasi itu disebut akan lebih difokuskan ke pengguna bisnis, sebab saat ini hanya tersedia bagi pengguna G Suite. Kendati demikian, menurut pihak Google, Chat dan Meet bisa jadi akan tersedia bagi semua pengguna.

"Kita tetap komitmen mendukung pengguna Hangouts sampai semuanya dipindahkan ke Chat dan Meet," sebutnya.

Diketahui, layanan Google Hangout telah menemani pengguna setianya sejak tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2011. Hangouts awalnya diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus. Kiprahnya sebagai layanan mandiri (standalone) dimulai sejak 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com