Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dropbox Kini Bisa Kirim File hingga 100 GB Lewat E-mail

Kompas.com - 12/07/2019, 15:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengirim file berukuran besar via e-mail kadangkala cukup merepotkan. Namun kini ada alternatif lain yang bisa ditempuh dengan lebih mudah menggunakan layanan Dropdbox.

Dropbox telah meningkatkan layanannya dengan meluncurkan fitur Dropbox Transfer. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim berkas hingga ukuran 100 GB hanya dengan beberapa langkah saja.

Kapasitas itu lima kali lebih besar dibanding penyedia hosting data lain saat ini. Uniknya, penerima e-mail tidak perlu memiliki akun Dropbox untuk menerima file.

Baca juga: IBM Rampungkan Akusisi Termahal di Industri Software

Pengirim cukup mengunggah file dari komputer ke Dropbox Transfer. Kemudian, akan muncul tautan yang bisa ditempel (paste) dimanapun dan dikirimkan ke siapapun.

Pengirim juga bisa mengirimkan e-mail yang dibuat langsung secara otomatis dari Dropbox Transfer. Nantinya, penerima bisa menerima salinan file yang telah dikirim tanpa harus memiliki akun Dropbox untuk membukanya.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (12/7/2019), Dropbox turut menyematkan fitur untuk menambahkan, mengubah, atau menghapus kata sandi. Pengguna juga bisa mengubah tanggal kadaluarsa untuk link, bahkan setelah mengirim tautan.

Baca juga: Komputasi Awan, Masa Depan Ekonomi Dunia

Ada pula notifikasi yang akan memberi tahu kapan file diterima dan berapa kali tautan diakses.

Untuk sementara, fitur Dropbox Transfer baru ada dalam versi beta yang menyasar ke beberapa pengguna terpilih. Nantinya, Dropbox Transfer dijanjikan akan disebar merata ke semua pengguna Dropbox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com