Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa E-mail Hilang dari Kotak Masuk Gmail? Begini Cara Mengeceknya

Kompas.com - 27/04/2024, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menerima e-mail di Gmail, tak jarang pengguna mengalami berbagai masalah. Salah satunya pesan e-mail di Gmail yang hilang dari kotak masuk.

E-mail yang hilang di kotak masuk tentu menjadi kendala sebagian orang. Terlebih lagi jika termasuk kategori e-mail penting. E-mail yang hilang dari kotak masuk Gmail bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Bisa jadi memang karena e-mail yang terhapus tidak sengaja, atau masuk di folder spam Gmail. Selengkapnya berikut ini uraian mengenai kenapa Gmail hilang dari kotak masuk dan cara mengecek e-mail tersebut. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Ramai soal Gmail Bakal Ditutup Tahun Ini, Ini Faktanya

Penyebab e-mail hilang dari kotak masuk Gmail

Berikut ini beberapa kemungkinan e-mail hilang dari kotak masuk Gmail:

Menghapus e-mail atau filter otomatis

Penghapusan atau penyaringan otomatis dapat menjadi salah satu alasan mengapa e-mail hilang dari kotak masuk Gmail.

Bisa jadi Anda telah menghapus e-mail tersebut tanpa sengaja. Selain itu, Gmail memiliki fitur penyaringan otomatis dan label yang bisa mengarahkan e-mail masuk ke folder atau label lain.

Terkadang e-mail tersebut bahkan bisa langsung dihapus oleh fitur penyaringan (filter) tersebut tanpa pemberitahuan kepada pengguna.

Pembatasan penyimpanan

Kapasitas penyimpanan Gmail yang sudah penuh bisa menjadi alasan lain mengapa e-mail yang baru masuk tidak muncul di kotak masuk.

Jika ruang penyimpanan Anda telah mencapai batas maksimal, Gmail tidak dapat menyimpan e-mail baru yang masuk ke kotak masuk Anda.

Masalah teknis

Masalah teknis, seperti gangguan pada server Gmail atau kesalahan sementara, bisa menjadi penyebab lain mengapa e-mail hilang.

Terkadang gangguan teknis pada infrastruktur Gmail dapat mengakibatkan e-mail tidak muncul atau bahkan hilang dari kotak masuk Anda.

Baca juga: Balas E-mail di Gmail Bakal Serasa Chatting di WhatsApp

Cara menemukan e-mail di kotak masuk Gmail

Coba periksa folder spam Gmail Anda

E-mail yang tiba-tiba hilang bisa jadi secara tidak sengaja masuk ke folder tersebut. Anda dapat memeriksa dan mengembalikannya ke kotak masuk utama Anda.

Namun, e-mail yang berada di folder spam biasanya akan otomatis terhapus setelah 30 hari. Untuk melakukannya, buka akun Gmail Anda dan klik menu "Spam" di sisi kiri halaman e-mail. Telusuri di folder tersebut untuk mencari e-mail yang mungkin telah masuk secara tidak sengaja.

Cek filter Gmail

Filter di Gmail bisa jadi membuat e-mail yang diterima tiba-tiba hilang. Untuk mengatasinya Anda bisa memeriksa apakah sudah ada filter tertentu di Gmail yang Anda atur sebelumnya.

Cara mengeceknya klik ikon gerigi di sebelah kanan, selanjutnya pilih "lihat semua pengaturan". Kemudian pilih tab menu "Filters and Blocked Addresses". Pilih alamat e-mail yang tidak sengaja Anda blokir sebelumnya dengan klik "unblock".

Cek tab e-mail sosial dan promosi

Periksa Tab E-mail Khusus Seperti Sosial atau Promosi Beberapa e-mail, bisa jadi secara otomatis dikelompokkan dan disimpan di tab khusus di Gmail, seperti tab sosial atau promosi.

Anda bisa memeriksa tab tersebut dengan mengklik salah satunya dan menggulir untuk mencari e-mail yang hilang. Setelah menemukannya, klik e-mail tersebut dan pilih opsi untuk memindahkannya ke folder atau kotak masuk utama Anda.

Baca juga: Balas E-mail di Gmail Bakal Serasa Chatting di WhatsApp

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com