Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iQoo Neo 7 Racing Edition Resmi Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 1

Kompas.com - 30/12/2022, 08:03 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Sub-brand smartphone Vivo, iQoo meluncurkan ponsel terbarunya, yakni iQoo Neo 7 Racing Edition. Kehadiran perangkat ini bisa dikatakan sebagai pelengkap dari iQoo Neo 7 “reguler” dan iQoo Neo 7 SE (Special Edition) yang masing-masing sudah meluncur pada Oktober dan awal Desember lalu.

iQoo Neo 7 Racing Edition kali ini menjadi model teratas dari iQoo 7 Series. Sebab, perangkat tersebut dibekali chipset yang lebih “ngebut”.

Sebagai gambaran, iQoo Neo 7 “reguler” dan Neo 7 SE masing-masing mengandalkan chipset besutan MediaTek, yakni Dimensity 9200 Plus (4 nm) dan Dimensity 8200 (4nm). Sementara itu, iQoo Neo 7 Racing Edition ditenagai oleh chipset bikinan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: iQoo Neo 7 SE Meluncur, Smartphone Pertama dengan Dimensity 8200

Namun, selebihnya iQoo Neo 7 Racing Edition dibekali sejumlah spesifikasi yang serupa dengan Neo 7 “reguler”. Untuk lebih lengkapnya, simak rincian spesifikasi iQoo Neo 7 Racing Edition berikut ini.

Spesifikasi iQoo Neo 7 Racing Edition

Layar depan iQoo Neo 7 Racing Edition yang dihiasi punch hole, sebagai wadah kamera depan 16 MPVivo Layar depan iQoo Neo 7 Racing Edition yang dihiasi punch hole, sebagai wadah kamera depan 16 MP

iQoo Neo 7 Racing Edition mengusung layar E5 AMOLED berdiagonal 6,78 inci. Layar tersebut menawarkan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan 1.500 nits, dan mendukung HDR 10 Plus.

Pada bagian tengah atas, layar perangkat dihiasi poni berlubang (punch hole) sebagai wadah untuk kamera depan. iQoo Neo 7 Racing Edition juga dibekali teknologi pemindai sidik jari di dalam layar (in-screen fingerprint scanner) sebagai sistem keamanan perangkat.

Beralih ke sektor fotografi, ponsel ini hadir dengan modul kamera berbentuk persegi, di mana di dalamnya terdapat tiga sensor kamera.

Konfigrasinya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.88, disertai Optical Image Stabilization/OIS), kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2MP (f/2.4). Sementara itu, untuk kamera depannya beresolusi 16 MP (f/2.45).

Baca juga: iQoo Neo 7 Meluncur dengan Chipset Dimensity 9000 Plus

Ponsel ini juga dibekali chipset Pro+ untuk menunjang kemampuan layar. Chip ini mendukung fitur seperti interpolasi frame rate, rendering gambar, dan sebagainya.

Tampilan kamera belakang iQoo Neo 7 Racing EditionVivo Tampilan kamera belakang iQoo Neo 7 Racing Edition

Untuk hardware, iQoo Neo 7 Racing Edition ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1. Chipset tersebut dipadu dengan RAM LPDDR5 8/12/16 GB dan media penyimpanan UFS 3.1 128/256/512 GB.

iQoo tidak secara gamblang menyebut perangkat ini sebagai perangkat gaming, namun, spesifikasi yang dimiliki mampu menunjang hal tersebut.

Sebab, dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1, smartphone dapat menghasilkan performa yang maksimal dengan konsumsi daya yang lebih irit. iQoo Neo 7 Racing Edition juga menghadirkan fitur motor linier sumbu X ganda dan dibekali sistem pendingin vapor chamber yang cukup besar.

Lalu, di sektor software-nya sendiri, iQoo Neo 7 Racing Edition menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan antarmuka Origin OS 3. Perangkat ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000mAH yang mendukung pengisian daya cepat 120 watt.

Fitur pendukung lainnya, antara lain mendukung jaringan 5G, nano-SIM, Bluetooth 5.3, GPS, NFC, pemindai wajah sebagai sistem keamanan, dan USB-C sebagai tempat pengisi daya atau transfer data.

Harga iQoo Neo 7 Racing Edition

Tampilan iQoo Neo 7 Racing Edition varian Impression BlueVivo Tampilan iQoo Neo 7 Racing Edition varian Impression Blue

iQoo Neo 7 Racing Edition memiliki dimensi bodi 164,81 mm (tinggi) x 76,9 mm (lebar) x 8,5 mm (ketebalan) dan bobot seberat 197 gram. Varian warnanya sendiri hadir dengan tiga warna, yakni Pop Orange, Impression Blue, dan Geometric Black.

Baca juga: iQoo 11 5G Resmi, Flaghsip Pertama di Indonesia dengan Snapdragon 8 Gen 2

Di China, harga iQoo Neo 7 Racing Edition dibanderol mulai dari yang termurah, 2.799 yuan (sekitar Rp 6,28 juta). Rincian harga untuk masing-masing modelnya adalah sebagai berikut:

  • iQoo Neo 7 Racing Edition varian 8/128 GB: 2.799 yuan (Rp 6,28 juta)
  • iQoo Neo 7 Racing Edition varian 12/256 GB: 2.999 yuan (Rp 6,73 juta)
  • iQoo Neo 7 Racing Edition varian 16/256 GB: 3.299 yuan (Rp 7,40 juta)
  • iQoo Neo 7 Racing Edition varian 16/512 GB: 3.599 yuan (Rp 8,07 juta)

Pembelian sudah dapat dilakukan di toko resmi Vivo yang berbasis di China. Belum diketahui apakah perangkat ini bakal diperkenalkan secara global, termasuk di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com