Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek dan Setting Kamera Web Macbook buat Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Kompas.com - 13/06/2023, 12:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tes lowongan kerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Rekrutmen Bersama BUMN 2023, dilakukan secara online. Saat ini, Rekrutmen Bersama 2023 telah memasuki tes online tahap 1, yaitu tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Core Value BUMN “AKHLAK”.

Untuk tes TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2023, jadwalnya dimulai dari 12 Juni hingga 21 Juni mendatang. Tiap peserta bisa memperoleh jadwal tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 yang berbeda-beda.

Baca juga: Spesifikasi Laptop untuk Tes TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Perhatikan

Beberapa hari sebelum tes online dimulai, peserta diberikan kesempatan oleh FHCI (Forum Human Capital Indonesia) selaku panitia penyelenggara, untuk melangsungkan tes percobaan (trial test).

Tujuan dilakukannya trial test adalah agar peserta dapat mempersiapkan kelancaran jaringan dan perangkat saat tes final nanti. Dalam menjalankan trial test ataupun tes final nanti, peserta perlu memenuhi beberapa ketentuan terlebih dahulu.

Ketentuan itu, misalnya, untuk mengerjakan tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023, peserta dapat memakai berbagai model laptop, termasuk laptop buatan Apple Macbook, asalkan telah didukung dengan prosesor minimal Intel Core i3 dan RAM minimal 4 GB.

Selain soal spesifikasi laptop, ketentuan tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 berikutnya adalah peserta wajib mengaktifkan kamera web atau webcam di laptop. Kamera tersebut berfungsi untuk mengawasi aktivitas peserta.

Jika kamera tak aktif selama tes berlangsung maka bakal mempengaruhi penilaian. Oleh karena itu, peserta perlu memastikan terlebih dahulu webcam di laptopnya aktif dan berfungsi dengan baik.

Seandainya menggunakan laptop Macbook untuk tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023, peserta dapat melakukan pemeriksaan fungsi webcam melalui aplikasi foto dan video. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara cek webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Tanda webcam Macbook berfungsi dengan lampu indikator berwarna hijau ketika membuka aplikasi foto atau video.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tanda webcam Macbook berfungsi dengan lampu indikator berwarna hijau ketika membuka aplikasi foto atau video.

Cara cek webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 berfungsi atau tidak, dapat dilakukan dengan membuka aplikasi video bawaan yang tersedia seperti FaceTime dan Photo Booth.

Bila saat membuka aplikasi tersebut muncul gambar maka webcam Macbook berfungsi dengan baik. Salah satu tanda perangkat ini berfungsi juga bisa dilihat dengan nyalanya lampu indikator berwarna hijau di sebelah kanan webcam Macbook ketika buka aplikasi itu.

Cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Selain memeriksa fungsi webcam Macbook, peserta juga perlu melakukan pengaturan atau setting izin aksesnya pada browser yang dipakai buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Peserta wajib mengizinkan akses webcam pada browser tersebut.

Jika tak diberikan izin akses maka browser yang digunakan tes tidak akan bisa membuka webcam Macbook. Untuk cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Apple yang berada di pojok kiri atas halaman Home Macbook.
  • Pilih menu “System Preferences”.
  • Setelah itu, klik menu “Security and Privacy”.
    Cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.
  • Pilih tab “Privacy” dan cari izin akses webcam pada beberapa aplikasi.
  • Pastikan aplikasi browser yang bakal dipakai untuk tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah telah mendapatkan izin mengakses webcam Macbook.

Ilustrasi cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Baca juga: Cara Cek Jadwal Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Jika Belum Dapat E-mail Pengumuman

Itulah penjelasan cara setting webcam Macbook buat tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Sebagai informasi tambahan, bila mengalami kendala, peserta dapat mengakses layanan bantuan FHCI pada kontak-kontak di bawah ini:

  • WhatsApp: +628118954320
  • Email: rekrutmenbersama@fhcibumn.id
  • Telegram: https://t.me/BumnFHCI_bot
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com