Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Koneksi Internet untuk Persiapan Tes Online TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN

Kompas.com - 12/06/2023, 11:22 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan tes online TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN sedang dimulai 12-19 Juni untuk lulusan D3, D4/S1, S2 dan 20 Juni 2023 bagi lulusan SMA. Adapun pelaksanaan tes menyesuaikan dengan jadwal yang sudah dikirimkan ke peserta masing-masing.

Sebelum itu, peserta perlu memperhatikan ketentuan perangkat dan kondisi tempat tes nyaman dan aman. Salah satunya memastikan koneksi internet stabil agar tes online berjalan lancar.

Maka dari itu sebelum melaksanakan tes online lewat PC atau laptop, Anda dapat mengecek koneksi internet dengan bantuan situs cek kecepatan internet.

Terdapat beberapa situs cek kecepatan internet yang bisa Anda gunakan, seperti Speedtest Master, Speedtest Google, Ookla Speedtest, Fast.com, dan Meteor Open Signal. Lantas bagaimana cara cek koneksi internet untuk persiapan tes online TKD? Berikut ini cara mengeceknya.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan Laptop Sebelum War Tiket Konser

Speedtest Google

Speedtest GoogleKompas.com/soffyaranti Speedtest Google

Google memiliki fitur cek kecepatan internet online yang bisa diakses dengan mudah lewat browser. Untuk menggunakannya cukup mudah. Anda dapat mengetikkan "Speedtest Google" di bilah pencarian Google layaknya sedang berselancar di internet seperti biasanya sebelum pelaksanaan tes berlangsung. Berikut ini caranya:

  • Buka aplikasi peramban Google Chrome atau Mozilla Firefox
  • Ketikkan "Speedtest Google"
  • Klik "Run Speed Test"
  • Tunggu hingga muncul pop up laporan kecepatan internet Anda

Fast.com

fast.comKompas.com/soffyaranti fast.com

Fast.com merupakan situs kecepatan internet yang dikembangkan oleh Netflix. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengunjungi laman https://fast.com/id/. Selanjutnya situs akan secara otomatis menampilkan kecepatan internet Anda.

Ookla SpeedTest

Ilustrasi cara cek kecepatan internet via Speedtest by OoklaSpeedtest.net Ilustrasi cara cek kecepatan internet via Speedtest by Ookla

Situs cek kecepatan internet lainnya adalah Ookla SpeedTest. Untuk mencobanya, Anda dapat mengunjungi laman https://www.speedtest.net/ . Di sini Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kecepatan unggah, unduh, latensi, dan jitter. Cara cek kecepatan internet di Ookla:

  • Kunjungi https://www.speedtest.net/  di peramban laptop/PC Anda
  • Klik "Go"
  • Nantinya alat tes kecepatan menampilkan grafik kecepatan internet yang digunakan

SpeedSmart

Situs web satu ini juga bisa menjadi satu pilihan untuk cek kecepatan internet. Untuk mengecek kecepatan internet, dapat dilakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi https://speedsmart.net/ 
  • Saat laman terbuka, klik "Start Test"
  • Selanjutnya situs akan memeriksa kecepatan unduh, unggah, dan latensi pada jaringan
  • Tunggu hingga SpeedSmart menampilkan hasilnya
  • SpeedSmart merupakan situs web dengan fitur utama untuk melakukan cek kecepatan internet.

Baca juga: 2 Cara Cek Kecepatan Internet di MacOS Monterey dengan Mudah

Demikian cara mengecek kecepatan internet sebelum melaksanakan tes online TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN. Semoga membantu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com