Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa untuk Buka Google Maps dan Nonton YouTube?

Kompas.com - 14/06/2023, 10:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung mengonfirmasi bakal meluncurkan ponsel lipat generasi terbaru dalam ajang Galaxy Unpacked pada Juli 2023 di Seoul, Korea Selatan. Ponsel lipat itu, salah satunya, diyakini bernama Samsung Galaxy Z Flip 5.

Menjelang peluncuran, bocoran Galaxy Z Flip 5 terus bertebaran di internet. Paling baru adalah soal bocoran layar sekunder (cover screen) yang konon bakal semakin "berguna".

Menurut rumor, Galaxy Z Flip bakal memiliki layar sekunder yang besar, yakni 3,4 inci. Ukuran ini jauh lebih luas dibadning Galaxy Z Flip 4 yang layar sekundernya hanya berbentang 1,9 inci.

Ukuran cover screen di Galaxy Z Flip 5 kabarnya nyaris memenuhi setengah bodi belakang dalam posisi terlipat. Dengan ukuran layar yang lebih luas, cover screen itu kabarnya bakal bisa digunakan untuk menonton YouTube dan membuka Google Maps.

Baca juga: Samsung Gelar Acara Unpacked Akhir Juli di Korea, Luncurkan Galaxy Z Flip 5?

Laporan SamMobile menyebut, hal itu dimungkinkan karena Samsung telah bekerja sama dengan Google untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika membuka aplikasi atau layanan buatan Google di cover screen. Peningkatan itu termasuk pada aplikasi Google Maps, YouTube, dan Messages.

Dengan begitu, pengguna Galaxy Z Flip 5 disebut bakal bisa mengirim pesan teks, menonton video YouTube, dan mencari petunjuk arah di Google Maps langsung dari cover screen, tak usah repot-repot lagi membuka layar utama (main screen).

Bila bocoran ini akurat, maka ini menjadi peningkatan besar di lini Galaxy Z Flip series. Pada Galaxy Z Flip 4, cover screen sebenarnya sudah membawa sejumlah fitur esensial.

Misalnya, menampilkan informasi jam, notifikasi, viewfinder untuk selfie menggunakan kamera belakang, membalas pesan, melakukan panggilan, widget atau tombol untuk mengaktifkan WiFi atau Bluetooth, menggunakan Samsung Wallet, mengontrol perangkat smart home, dan lainnya.

Namun, cover screen Galaxy Z Flip 4 itu belum kompatibel untuk menonton video YouTube dan membuka peta Google Maps. Pengguna Galaxy Z Flip 4 tetap harus membuka ponsel lipatnya ketika ingin menonton video YouTube atau melihat peta digital di Google Maps.

Hal itu diyakini bakal berubah di Galaxy Z Flip 5. Dengan dukungan YouTube dan Google Maps, maka pengguna bakal semakin diberi banyak opsi untuk memanfaatkan cover screen, tanpa perlu harus membuka layar utama, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 Rilis 26 Juli?

Bocoran spesifikasi Galaxy Z Flip 5

Bocoran hasil render ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 yang diumbar oleh OnLeaksOnLeaks Bocoran hasil render ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 yang diumbar oleh OnLeaks
Rumor sebelumnya menyebut bahwa Samsung Galaxy Z Flip 5 memiliki layar utama AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus serta refresh rate 120 Hz. Cover screen-nya diprediksi bakal berukuran 3,4 inci, hampir dua kali lebih besar dibanding cover screen Galaxy Z Flip 4 yang 1,9 inci.

Smartphone lipat ini disebut-sebut akan "diotaki" chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadu dengan ruang penyimpanan seluas 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Perlu dicatat, wujud dan spesifikasi Galaxy Z Flip 5 ini masih berupa bocoran dan belum bisa dikonfirmasi keakuratannya.

Bocoran lain menyebut, Galaxy Z Flip 5 bakal mendukung mode Samsung DeX. Dengan dukungan mode DeX, pengguna Galaxy Z Flip 5 bisa menyulap ponsel lipatnya menjadi memiliki antarmuka seperti OS desktop.

Perlu dicatat, wujud dan spesifikasi Galaxy Z Flip 5 ini masih berupa bocoran dan belum bisa dikonfirmasi keakuratannya. Spesifikasi resmi Samsung Galaxy Z Flip 5 baru akan terungkap dalam acara Galaxy Unpacked pada Juli mendatang di Seoul. Hingga kini, Samsung belum mengumbar tanggal resmi Galaxy Unpacked.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com