Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaik dan "Se-humble Itu" CEO ChatGPT Saat di Jakarta

Kompas.com - 15/06/2023, 11:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO OpenAI, Sam Altman datang ke Indonesia pada Rabu (15/6/2023). Sam merupakan salah satu sosok kunci yang membuat ChatGPT, chatbot AI bikinan OpenAI yang tengah populer di dunia.

Ia hadir untuk berbicara soal teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di atas panggung acara bertajuk "Conversation with Sam Altman" di Jakarta Pusat.

Jurnalis KompasTekno, Galuh Putri berkesempatan untuk hadir di acara tersebut, tak mengira bahwa orang nomor satu di OpenAI itu, meminjam istilah netizen, "sebaik dan sehumble itu".

Sepanjang acara, ada beberapa pemandangan menarik perhatian. Misalnya, Sam Altman memilih mengenakan batik dengan kombinasi warna hitam-merah saat berbicara di atas panggung.

Baca juga: Bos ChatGPT Buka-bukaan Butuh Bantuan Indonesia

Setelah acara selesai. Sam Altman juga tak langsung buru-buru meninggalkan tempat acara. Ia malah dengan santai berjalan ke area pinggir panggung, merendahkan tubuhnya dengan cara berlutut demi meladeni audiens yang meminta selfie.

Padahal sebelumnya pihak panitia menerapkan protokol ketat, Altman hanya akan berbicara di panggung saja, tidak ada kesempatan bagi media untuk mendekat atau melakukan sesi wawancara khusus (doorstop) dengan Altman.

CEO OpenAI Sam Altman berlutut dan meladeni permintaan selfie dari penggemarnya di Indonesia. Ia juga meluangkan waktu untuk berbincang dengan penggiat AI dan awak media selepas acara Convesation with Sam Altman selesai, Rabu (14/6/2023.)KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto CEO OpenAI Sam Altman berlutut dan meladeni permintaan selfie dari penggemarnya di Indonesia. Ia juga meluangkan waktu untuk berbincang dengan penggiat AI dan awak media selepas acara Convesation with Sam Altman selesai, Rabu (14/6/2023.)
Namun Altman dengan cueknya bersimpuh di pinggir panggung, agar posisinya setara dengan wartawan yang berdiri di bawah panggung, meladeni pertanyaan dan ajakan selfie dari pengunjung.

KompasTekno yang ada di tempat acara melihat puluhan orang berdesakkan untuk bergantian foto selfie dengan Altman.

Bos OpenAI ini juga tak segan memegang ponsel audiens untuk melakukan selfie. Altman juga mengambil foto bersama dengan audiens dari atas panggung.

Baca juga: Kunjungi Indonesia, Pembuat ChatGPT Bicara soal Bias dan Pentingnya Regulasi AI

Meski dikerubungi banyak orang, tak terlihat ada penjagaan yang ketat. Bahkan, Altman sama sekali tak didampingi penjaga keamanan.

Selain meladeni selfie, Altman juga meluangkan waktunya untuk berbicara dengan penggiat teknologi AI dan awak media, masih dengan posisi berlutut yang sama. Hal itu dilakukan Sam selama kurang lebih 20 menit sebelum akhirnya meninggalkan tempat acara.

Tentang Sam Altman

Altman memiliki nama lengkap Samuel Harris Altman. Ia lahir pada 22 April 1985 di Chicago, Amerika Serikat.

Pria berusia 38 tahun ini memasuki dunia teknologi sebagai mahasiswa baru pada 2005. Seperti Steve Jobs, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg, pria berusia dua puluh tahun itu memutuskan berhenti kuliah dari jurusan ilmu komputer University of Stanford.

Dalam perjalanan kariernya,Altman bergabung dengan Y Combinator (YC), akselerator utama perusahaan rintisan teknologi yang juga membantu meluncurkan perusahaan seperti Airbnb, Reddit, Dropbox, dan Coinbase.

Kemudian, Altman bersama Elon Musk, Reid Hoffman (pendiri LinkedIn), dan sponsor lainnya pada 2015 untuk mendirikan OpenAI.

Baca juga: 4 Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT “Biasa” yang Perlu Diketahui

OpenAI merupakan sebuah perusahaan penelitian dan penerapan kecerdasan buatan (AI) yang bertujuan untuk mempromosikan, serta mengembangkan AI yang bersahabat dan bermanfaat bagi manusia.

Pada tahun 2016, Altman pertama kali mengumumkan bahwa OpenAI sedang membangun General Artificial Intelligence (GAI). Kemudian pada 5 Januari 2021, OpenAI merilis DALL-E, AI yang mampu menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi pengguna.

Pada November 2022, perusahaan itu meluncurkan ChatGPT, salah satu model AI tercanggih hingga saat ini. ChatGPT mampu menghasilkan teks sesuai perintah menggunakan AI.

Kekayaan Sam Altman disebut sebesar 250 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun. Namun, angka pasti kekayaan Altman disebut lebih besar, karena banyaknya investasi yang ia lakukan di perusahaan besar, termasuk Neuralink dan Reddit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com