Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Catatan IG Dibilang Mirip BBM karena Kini Bisa Tampilkan Musik, Ini Bedanya

Kompas.com - 16/06/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan ini, media sosial seperti Twitter tengah diramaikan dengan pembicaraan pengguna yang menyebut fitur Note di Instagram (IG) atau Catatan IG semakin mirip dengan fitur di BBM (BlackBerry Messenger).

Pengguna banyak yang menyebut Catatan IG kian mirip dengan BBM karena terdapat penambahan fitur di dalamnya. Untuk diketahui, IG Note merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan status singkat ke pengguna lain pada halaman Direct Message (DM).

Baca juga: Lagi Ramai, Begini Cara Share Lagu di Note Instagram

Sekarang, IG Note tak hanya bisa menampilkan status singkat. instagram Note baru saja kedatangan fitur baru. Pengguna sekarang bisa membagikan atau share musik di Note Instagram ke pengguna lain di DM.

Sementara itu, aplikasi pesan instan khas ponsel BlackBerry, BBM, dulu juga punya fitur yang juga dapat menampilkan lagu. Fitur ini biasa disebut pula dengan BBM Now Playing. Catatan musik di IG itulah yang membuat banyak pengguna menyebutnya mirip dengan fitur di BBM.

Salah satu contoh pengguna yang menyebut Catatan IG mirip dengan BBM karena sama-sama bisa tampilkan musik bisa dilihat dari twit dari akun dengan handle @noturnnonxxx dan @susoinm0s, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dua pengguna tersebut kompak menyamakan Catatan IG lagu dengan BBM Now Playing karena dapat menampilkan musik. Bila dilihat sekilas, tampilan status musik yang ditayangkan Note IG bisa dibilang mirip dengan BBM Now Playing.

Di Catatan IG, pengguna dapat melihat animasi audio yang tampak tengah berputar dan judul lagu, cukup mirip dengan BBM Now Playing. Untuk lebih jelasnya, tampilan Catatan IG lagu bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan fitur Catatan IG lagu.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur Catatan IG lagu.

Akan tetapi, meski secara tampilan mirip, share musik di Note Instagram pada dasarnya berbeda dengan BBM Now Playing. Lantas, apa perbedaan Catatan IG lagu dan BBM Now Playing? Selengkapnya, begini perbedaan Catatan IG lagu dan BBM Now Playing.

Perbedaan Catatan IG lagu dan BBM Now Playing

Share musik di Note Instagram dan BBM Now Playing punya perbedaan mendasar pada lagu atau musik yang muncul di status. Pada Catatan IG, lagu yang muncul di status sejatinya tidak mewakili lagu yang tengah diputar di perangkat pengguna.

Sedangkan pada BBM Now Playing, lagu yang muncul di status adalah lagu yang tengah diputar pengguna di perangkatnya. Saat pengguna mendengar lagu di perangkat, bila mengaktifkan BBM Now Playing maka lagu tersebut bakal muncul menjadi status.

Berbeda dengan BBM Now Playing, Catatan IG tidak akan menampilkan lagu yang tengah didengarkan pengguna di perangkat secara real-time. Lagu yang tertera di Note IG adalah lagu yang bersumber dari unggahan pengguna.

Baca juga: Ramai Tanggal Bergabung di Instagram, Begini Cara Ceknya di HP

Di Note IG, pengguna dapat memilih beberapa lagu dari koleksi bawaan aplikasi yang tersedia untuk diunggah dan dibagikan ke pengguna lain menjadi status. Jadi, status lagu yang tampil di Note IG benar-benar bukan dari lagu yang tengah diputar di perangkat.

Perbedaan Catatan IG lagu dan BBM Now Playing yang berikutnya adalah kemampuan untuk memutar ulang status musik yang terpasang. Di Note IG, pengguna dapat membuka status musik yang diunggah untuk didengarkan kembali.

Sedangkan di BBM Now Playing, status musik yang tengah didengarkan pengguna tidak bisa dibuka oleh pengguna lain dan tidak bisa diputar ulang juga. Itulah perbedaan Catatan IG lagu dan BBM Now Playing.

Fitur pasang lagu di Note IG telah digelontorkan pada sekitar 13 Mei lalu dan saat ini tampaknya sudah bisa dicoba oleh semua pengguna. Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat catatan musik di IG.

Cara membuat catatan musik di IG

Pasang lagu di Note IG memiliki durasi yang terbatas. Maksudnya adalah lagu yang ditampilkan di status merupakan potongan lagu dengan durasi maksimal 30 detik. Adapun cara membuat catatan musik di IG adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman DM di aplikasi Instagram versi terbaru.
  • Klik ikon tambah yang tertera di foto profil untuk mulai menambahkan Note IG
  • Setelah itu, klik ikon lagu di Note IG.
  • Pilih lagu yang hendak dibagikan sesuai keinginan.
  • Pilih bagian lagu selama 30 detik untuk dijadikan status Catatan IG.
  • Terakhir, klik opsi “Bagikan” dan kini pengguna berhasil share musik di Note Instagram.

Ilustrasi cara membuat catatan musik di IG.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat catatan musik di IG.

Baca juga: Cara Komentar Pakai GIF di Instagram dengan Mudah, Sudah Coba?

Pengguna lain yang melihat status musik Note Instagram bisa membuka dan memutar lagunya. Itulah cara pasang lagu di Note IG. Bila belum dapat fitur ini, tunggu saja dan lakukan update aplikasi. Sebab, fitur Catatan IG lagu masih digelontorkan secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com