Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Pertama Asus Produksi Indonesia Dirakit di Batam

Kompas.com - 19/06/2023, 10:41 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Asus Indonesia bersiap memamerkan proses perakitan laptop yang pertama kali diproduksi secara lokal di Indonesia.

Pada tahap awal, model laptop yang diproduksi di Indonesia yaitu Asus ExpertBook P1 (P1412). Perangkat ini dirakit oleh mitra produksi Asus, PT. Sat Nusapersada.

Hari ini, Senin (19/6/2023), Asus mengajak sejumlah media termasuk KompasTekno untuk bertandang ke manufaktur Sat Nusapersada di Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman, produksi laptop Asus di Indonesia ditempuh guna memenuhi aturan Kementerian Perindustrian, terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) perangkat laptop.

Baca juga: Laptop Bisnis 2-in-1 Asus ExpertBook B6 Flip Resmi di Indonesia, Harga Rp 50 Juta

Sejak tahun 2022, Kemenperin menetapkan TKDN laptop di atas 25 persen, khususnya untuk program pengadaan barang dan jasa.

"Minimal (TKDN) 25 persen untuk laptop. Asus ngincer itu (program pengadaan) karena TKDN wajib untuk tender pemerintah. Kalau swasta, masih bebas," kata Firman kepada KompasTekno, di bandara Soekarno Hatta, Tangerang ketika hendak menuju ke Batam.

Laptop ExpertBook P1 sendiri sudah selesai diproduksi tahap pertama dan dipasarkan pada Maret lalu. Ke depannya, Firman berkata bahwa Asus juga bakal memproduksi model lain melalui mitra produksi yang sama.

Adapun sebelumnya, aneka laptop Asus yang dipasarkan di Indonesia merupakan perangkat yang diproduksi di China serta Taiwan dan diekspor ke Indonesia.

Spesifikasi Asus ExpertBook P1412

Asus ExpertBook P1412 telah dikembangkan Asus sejak kuartal IV-2022, dan mulai didistribusikan di Indonesia pada awal 2023.

Asus ExpertBook P1412 adalah laptop basic untuk segmen bisnis (B2B), yang mengandalkan performa bertenaga serta visual yang immersif. Laptop ini dilengkapi layar 14 inci NanoEdge dengan sudut pandang hingga 178 derajat, lengkap dengan lapisan matte anti-glare.

Untuk hardware, Asus ExpertBook P1412 tersedia dalam pilihan prosesor Intel Core i3 hingga Core i7, ditemani oleh RAM DDR4-3200MHz yang bisa diupgrade hingga 24 GB, sehingga bermanfaat bagi industri yang membutuhkan platform kerja jangka panjang.

Untuk storage, laptop ini dilengkapi fitur dual-storage design yang bisa menampung SSD PCIe hingga kapasitas 1TB, dan juga harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan kapasitas hingga 1TB.

Baterai Asus ExpertBook P1412 berkapasitas 37 Whrs. Untuk bisa digunakan di lingkungan industri, ExpertBook P1412 dilengkap aneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware ataupun software.

Dari sisi hardware, ExpertBook P1412 menggunakan reinforced chassis, dan reinforced lid, sehingga daya fisik semakin kuat terhadap guncangan ataupun benturan. Ada pula fitur E-A-R HDD shock dampening yang melindungi data dari guncangan ataupun benturan yang mungkin terjadi saat menggunakan laptop dalam keseharian.

Baca juga: ExpertBook P1412 Meluncur, Laptop Pertama Asus yang Dibuat di Indonesia

Dari keamanan software, Asus ExpertBook P1412 dilengkapi pengamanan TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk memastikan sistem operasi dan data tidak bisa dibobol. Tersedia pula security lock agar laptop tak dicuri saat ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga dengan baik.

Untuk harga, varian termurah Asus ExpertBook P1412 dijual di Indonesia dengan banderol Rp 6 juta, dengan spesifikasi minimum seperti prosesor mulai Intel Core i3-1115G4 4,1 GHz, RAM mulai 4 GB, penyimpanan mulai 256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com