Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Geliat Toko HP di Mal Ambassador dan ITC Kuningan, Masihkah Ramai?

Kompas.com - 20/06/2023, 14:20 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan alias mal menjadi salah satu tempat yang dituju apabila konsumen ingin membeli smartphone atau HP baru. 

Di daerah Jakarta Selatan, beberapa sentra elektronik yang kerap menjadi tujuan para pembeli gadget adalah Mal Ambassador dan ITC Kuningan.

Kedua tempat ini biasanya menjadi favorit konsumen sekitar Jakarta untuk membeli HP baru, selain ITC Roxy Mas di Jakarta Pusat.

Nah, KompasTekno mencoba untuk melihat bagaimana kondisi gerai-gerai ponsel di kedua tempat tersebut.

Suasana ITC Kuningan yang sepi pembeli pada Senin (12/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Suasana ITC Kuningan yang sepi pembeli pada Senin (12/6/2023).

Berdasarkan pantauan kami di dua pusat perbelanjaan HP ini pada Senin (12/6/2023) lalu sekitar siang hingga sore hari, suasana mal, terutama di lantai yang memang ditujukan untuk tempat toko jual HP, tampak masih lengang. Bisa jadi karena kami bertandang di hari dan jam kerja.

Kursi-kursi yang terletak di depan toko-toko pun terlihat masih tertata dengan rapi, menunjukkan belum ada atau belum banyak pengunjung yang datang dan duduk di kursi tersebut.

Baca juga: Pasar Ponsel Indonesia Loyo Awal 2023, Hanya Oppo yang Tumbuh

Biasanya, pengunjung yang datang menyisakan kursi yang tak beraturan, entah posisi yang bergeser-geser, merenggangkan jarak dengan meja etalase, atau arah hadap kursi yang acak.

Suasana seorang pengunjung sedang bertandang ke toko HP di ITC Kuningan, Senin (12/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Suasana seorang pengunjung sedang bertandang ke toko HP di ITC Kuningan, Senin (12/6/2023).

Nah, karena belum banyak calon pembeli, beberapa penjaga toko otomatis langsung menyahut dan bertanya kepada setiap orang yang lewat depan toko mereka.

Sahutan tersebut bisa berupa "cari HP apa mbak/mas?", "ayo boleh tanya-tanya dulu mbak/mas", "di sini HP-nya lengkap mbak/mas", dan sejenisnya. 

Bisa dibilang, aneka toko HP ini berlomba-lomba untuk mengajak pengunjung mal mendatangi toko mereka, dengan harapan pengunjung tertarik dan akhirnya membeli sesuatu. 

Adapun sahutan ini tampak efektif. Sebab, kami memantau ada satu atau dua orang yang tertarik datang ke toko berkat ajakan dari para penjaga toko tersebut. Namun, tidak semua gerai didatangi pengunjung, hanya satu atau dua konter saja.

Suasana pembeli yang sedang melewati toko HP di ITC Kuningan, Senin (12/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Suasana pembeli yang sedang melewati toko HP di ITC Kuningan, Senin (12/6/2023).

Sementara itu, pengunjung lain tampak hanya sekadar lewat saja, tidak datang ke toko-toko HP yang mereka lalui.

Bahkan, saking sepinya, beberapa penjaga toko, biasanya yang letaknya bersebelahan atau berhadapan, terpantau sering berbicara satu sama lain untuk sekadar mengobrol.

Selain mengobrol, beberapa penjaga toko juga terpantau memainkan smartphone mereka masing-masing, mungkin untuk sekadar melepas penat supaya tidak bosan. 

Terkadang, beberapa penjaga toko juga terlihat meninggalkan tokonya untuk sekadar rebahan di balik etalase (tidak bisa dilihat pengunjung), atau menitipkan tokonya ke rekannya yang juga sedang menjaga toko lain.

Baca juga: Ini Sebab Pasar Ponsel Indonesia Turun 11,9 Persen Menurut IDC

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com