Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei 28 Konter HP di Jakarta dan Tangerang, Harga Rp 1 Juta-Rp 3 Jutaan Paling Laris

Kompas.com - 21/06/2023, 14:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - KompasTekno mendatangi 28 konter HP yang tersebar di Jakarta dan Tangerang pada pertengahan Juni 2023, seperti sentra penjualan HP di ITC Roxy Mas, Mal Ambasador, ITC Cempaka Mas, Pusat Grosir Cililitan (PGC), serta e-center Supermall Karawaci.

Salah satu fakta menarik yang kami temukan setelah berkunjung ke konter-konter HP tersebut adalah tren masyarakat yang kini lebih banyak membeli ponsel entry-level dengan rentang harga Rp 1 juta-3 jutaan.

Bahkan persentase pembelian ponsel entry-level dalam beberapa waktu belakangan mencapai 70 persen, paling banyak dibandingkan segmen ponsel kelas menengah (mid-range) atau flagship.

Setidaknya begitulah yang diungkap Azmi, penjaga konter HP Jago Ponsel Indo di e-center Supermall Karawaci.

Baca juga: Ponsel Murah di Indonesia Makin Laris berkat Samsung dan Infinix

"Kebanyakan orang bawa budget Rp 2 jutaan, karena beli HP untuk anak-anak. HP entry-level (penjualannya) paling banyak sampai 70 persen. Sisa 30 persennya baru HP di atas Rp 3 juta (mid-range/flagship)," kata Azmi.

Menurut beberapa penjaga konter HP, preferensi konsumen sekarang adalah membeli HP dengan harga yang terjangkau, dengan spesifikasi yang tinggi. Misalnya, HP harga Rp 1 juta-Rp 3 jutaan dengan RAM besar, penyimpanan media besar, serta prosesor yang bagus.

"Ya itu (harga low, spesifikasi tinggi) cuman ada di HP Infinix dan Xiaomi," kata Bianca, penjaga konter HP Fasianty Cell.

Selama kami tandang toko, nama Infinix memang hampir disebut setiap kami bertanya soal "HP apa yang paling laris/dicari belakangan ini?".

"Paling ramai jualnya Infinix, kayak kacang goreng. Yang laris seri Infinix Smart 7, Hot 20i series, Infinix Note 12 2023, Infinix Note 30i, Infinix Smart 7," kata Devi, penjaga konter HP Queen Cell di Roxy.

Baca juga: Infinix Hot 30i Resmi di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Penjaga konter HP lainnya juga mengatakan, seri baru Infinix Smart 7 dan Infinix Hot 30i juga jadi incaran konsumen. Namun, karena sedang naik daun, kata Bianca, stok Infinix terutama Hot 30i menjadi susah alias "gaib" di pasar.

RO Erafone Supermall Karawaci, Azriel juga mengungkapkan hal senada dengan Bianca soal minimnya stok HP Infinix.

"Infinix sebenarnya laku juga, tapi barangnya yang susah. Paling cuman masuk 2 atau 3 unit per minggunya. Jadi isunya di stok sih," kata Azriel.

Ilustrasi smartphone yang cukup diminati di ITC Roxy MasKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi smartphone yang cukup diminati di ITC Roxy Mas
Saudara Infinix, Tecno juga sedang naik daun. Ponsel yang dipasarkan oleh Transsion Holdings ini dicari konsumen yang mau beli HP gaming tapi dengan harga murah.

Di samping itu, beberapa penjaga toko juga menyebutkan beberapa HP harga Rp 1 juta-3 jutaan yang banyak dibeli konsumen. Mulai dari Samsung Galaxy A04 series, Oppo A57, Oppo A17, Realme C55 NFC, Vivo Y16, Vivo Y22, Redmi A2, hingga Redmi Note 12.

Baca juga: Selisih Rp 100.000, Ini Beda Spesifikasi Tecno Spark Go 2023 dan Realme C30s

Menurut keterangan para penjual HP yang KompasTekno temui, penjualan HP mid-range dan flagship tetap jalan, meski tak segencar penjualan HP entry-level.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com